Home Tabalong Hari Ini Unsur Pimpinan DPRD Tabalong Definitif Diparipurnakan Akhir Agustus

Unsur Pimpinan DPRD Tabalong Definitif Diparipurnakan Akhir Agustus

by Muhammad Rais

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong akan segera melakukan pembahasan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Diharapkan AKD sudah dapat diparipurnakan di akhir Agustus ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Sementara DPRD Tabalong, Tadzuddin Noor, usai rapat paripurna penetapan fraksi-fraksi DPRD Tabalong pada Rabu, 14 Agustus 2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Tadzuddin menjelaskan bahwa pembahasan pembentukan alat kelengkapan dewan sudah mulai dikoordinasikan di tiap fraksi DPRD.

Yang mana nantinya 30 anggota DPRD akan diusulkan melalui fraksi untuk masuk dalam alat kelengkapan dewan yang meliputi unsur pimpinan DPRD seperti Ketua dan 2 orang Wakil, unsur pimpinan dan anggota komisi DPRD, Badan Kehormatan Dewan, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa rencananya paripurna penyampaian alat kelengkapan dewan akan berbarengan dengan pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD definitif dan paripurna penyampaian laporan penyusunan tata tertib DPRD Tabalong pada 28 dan 29 Agustus mendatang.

“Setelah agenda paripurna ini, paling lambat besok sudah mulai dikoordinasikan dengan fraksi-fraksi yang sudah terbentuk. Ini kan sudah terbentuk fraksi, setelah ini fraksi mengirim ke komisi-komisi dan AKD,” ujar Tadzuddin Noor, Ketua Sementara DPRD Tabalong.

Diketahui, DPRD Tabalong periode 2024-2029 memiliki 7 fraksi yang terdiri dari 6 fraksi utuh dan 1 fraksi gabungan.

Untuk fraksi utuh, yaitu Fraksi Partai NasDem, Partai Gerindra, Partai PKB, Partai PKS, Partai Golkar, dan Partai PAN.

Sedangkan fraksi gabungan adalah Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Berdasarkan hasil perolehan kursi, Ketua DPRD Tabalong bakal diisi anggota DPRD dari Partai NasDem dengan perolehan 6 kursi, sementara 2 Wakil Ketua DPRD masing-masing akan diisi anggota dari Partai Gerindra dan PKB dengan perolehan masing-masing 5 kursi.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment