Home Tabalong Hari Ini SMKN 1 Pugaan dan SMPN 6 Tanjung Juara Lomba PBB se-Tabalong

SMKN 1 Pugaan dan SMPN 6 Tanjung Juara Lomba PBB se-Tabalong

by Muhammad Rais

Untuk menumbuhkan kedisiplinan, nasionalisme, serta dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong menggelar Lomba PBB antar sekolah se-Tabalong.

Lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) antar sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Tabalong digelar di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Lomba ini diikuti sekitar 400 orang peserta yang berasal dari 16 SLTP dan 11 SLTA. Setiap sekolah mengirimkan 1 regu yang beranggotakan 13 orang pasukan, termasuk komandan peleton.

Pada lomba ini, terdapat 18 gerakan PBB yang menjadi aspek penilaian, di antaranya: aba-aba, istirahat, siap, hormat, setengah lengan lencang kanan, jalan di tempat, dan lain sebagainya.

Ketua Pelaksana Lomba PBB, Iseu Widiyatna, menjelaskan bahwa selain dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kedisiplinan, nasionalisme, serta mempererat tali silaturahmi di semua jenjang SLTP maupun SLTA.

“Dengan adanya kegiatan ini, lebih lagi untuk menghasilkan bibit-bibit baru ya, untuk adik-adik kita yang ingin memasuki Paskibraka. Adapun kami bekerja sama dengan Polres Tabalong, Kodim, dan adik-adik kita yang sudah purna Paskibraka tahun 2022 dan 2023,” ujar Iseu Widiyatina, Ketua Pelaksana.

Lomba PBB ini memperebutkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan puluhan juta rupiah, di mana Juara Pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar 15 juta rupiah, Juara Kedua 10 juta, Juara Ketiga 6 juta rupiah, Juara Harapan Satu 4 juta rupiah, dan Danton Terbaik 2 juta rupiah.

Pada Lomba PBB tahun ini, untuk jenjang SMA/SMK/MA, dimenangkan oleh SMKN 1 Pugaan sebagai Juara 1, SMAN 2 Tanjung Juara 2, SMKN 1 Tanjung Juara 3, SMKS Tabalong Harapan 1, dan Komandan Peleton Terbaik dari SMAN 2 Tanjung.

Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs, dimenangkan oleh SMPN 6 Tanjung sebagai Juara 1, MTs Ar-Raudah Tanta Juara 2, MTs Ihya Ulumuddin Bilas Juara 3, SMPN 3 Kelua Juara Harapan 1, dan Komandan Peleton Terbaik dari MTs Ihya Ulumuddin Bilas.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment