Home Tabalong Hari Ini 30 Anggota DPRD Tabalong Periode 2024-2029 Bakal Dilantik pada 12 Agustus 2024

30 Anggota DPRD Tabalong Periode 2024-2029 Bakal Dilantik pada 12 Agustus 2024

by Muhammad Rais

30 anggota DPRD Kabupaten Tabalong periode 2024-2029 yang terpilih pada Pemilu 2024 bakal dilantik pada tanggal 12 Agustus 2024 mendatang. Rencananya, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Tabalong akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris DPRD Kabupaten Tabalong, Abu Bakar, saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Abu Bakar mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para anggota dewan yang terpilih pada Pemilu 2024 lalu.

Pelaksanaan pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029 akan dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tabalong dan Ruang Graha Sakata, dengan mengundang berbagai pihak, seperti anggota dewan beserta keluarga, PJ Bupati Tabalong, jajaran Forkopimda, jajaran SKPD, Kepala Bagian Setda Tabalong, para camat, kepala desa, serta partai politik. Pelaksanaan acara pun diperkirakan akan dihadiri sekitar 750 lebih orang.

Abu Bakar menjelaskan, rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan DPRD Tabalong periode 2024-2029 nantinya akan dipimpin oleh Ketua DPRD Tabalong periode 2019-2024 didampingi 2 orang wakilnya. Selanjutnya, palu pimpinan akan diserahkan kepada Ketua DPRD tentatif atau sementara yang didampingi 2 orang wakilnya berdasarkan perolehan jumlah kursi terbanyak di DPRD Tabalong.

“Dalam pelaksanaan kegiatan nanti tentu dilakukan paripurna yang dipimpin oleh ketua pimpinan yang lama sebelum pelantikan. Beliau yang akan memimpin membuka rapat paripurna terbuka untuk pemberhentian dan pengangkatan anggota dewan yang baru. Setelah itu, akan dipimpin oleh pimpinan yang baru, pimpinan sementara. Karena ini melalui proses, maka itu akan dipimpin oleh pimpinan sementara sesuai dengan ketentuan bahwa pimpinan itu ada 3 kolektif kolegial: satu ketua dan 2 wakil ketua,” ujar Abu Bakar, Sekretaris DPRD Tabalong.

Agar pelaksanaan rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 30 anggota dewan berlangsung lancar, untuk menjaga keamanan dan ketertiban, DPRD Kabupaten Tabalong akan bekerja sama dengan jajaran personel Polres Tabalong serta personel Satpol PP Tabalong.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment