Home Tabalong Hari Ini Pentingnya Transformasi Digital dalam Sektor Pendidikan bagi Guru di Jenjang SD se-Tabalong

Pentingnya Transformasi Digital dalam Sektor Pendidikan bagi Guru di Jenjang SD se-Tabalong

by Muhammad Rais

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong untuk mensosialisasikan transformasi digital dalam pendidikan. Kegiatan tersebut diikuti ratusan kepala sekolah jenjang sekolah dasar se-Kabupaten Tabalong.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan, pada Kamis, 8 Agustus 2024, di Aula Islamic Center, Mabuun. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman atau informasi kepada para kepala sekolah jenjang SD se-Tabalong mengenai pentingnya digitalisasi bagi dunia pendidikan saat ini.

Tonie Marwan, saat diwawancarai, menilai pentingnya kegiatan ini mengingat seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di Tabalong harus bisa beradaptasi dengan transformasi digital yang kini berkembang pesat.

“Seiring derasnya transformasi digitalisasi, mengingat dunia pendidikan dalam kacamata sosiologis sebagai pondasi dalam kehidupan bersama, dunia pendidikan di Tabalong perlu berbenah menyongsong dan beradaptasi dengan transformasi digital saat ini,” ujar Tonie Marwan, Kepala Disdikbud Tabalong.

Kepala Diskominfo Tabalong, Noor Rifani, selaku pemateri, mengatakan bahwa saat ini merupakan era Revolusi Industri 4.0 di mana pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi menjadi tantangan. Oleh karena itu, dunia pendidikan perlu bersiap diri untuk menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

“Saya kira kita di Tabalong ini harus segera mengantisipasi dengan melakukan digitalisasi pendidikan, dan saya kira dunia pendidikan sudah sangat siap, baik dari kurikulum, program, maupun aplikasi yang sudah disiapkan. Tentunya, pemerintah daerah akan mendukung ini melalui Dinas Kominfo, bagaimana nanti jaringan-jaringan bisa terhubung, dan blank spot juga tidak ada lagi. Inilah harapan-harapan yang bisa disampaikan dalam kegiatan ini sehingga digitalisasi pendidikan ini benar-benar bisa terwujud dengan maksimal,” ujar M. Noor Rifani, Kepala Diskominfo Tabalong.

Noor Rifani menambahkan bahwa Diskominfo Tabalong akan terus memberikan kemudahan bagi dunia pendidikan dalam mengakses internet. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Diskominfo Tabalong adalah dengan memberikan fasilitas WiFi gratis bagi beberapa SLTA sederajat di Tabalong. Diharapkan ke depannya, akses WiFi gratis tersebut dapat menyasar sekolah tingkat bawah lainnya seperti SMP dan SD di Tabalong.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment