Home Tabalong Hari Ini Lomba Balogo Gebyar Kemerdekaan di Tabalong, Diikuti Provinsi Sekitar IKN

Lomba Balogo Gebyar Kemerdekaan di Tabalong, Diikuti Provinsi Sekitar IKN

by Muhammad Rais

Ratusan tim dari tiga provinsi Pulau Kalimantan beradu kemampuan pada ajang Lomba Balogo yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tabalong pada Sabtu, 3 Agustus 2024, di Islamic Center Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Lomba Balogo dalam rangka Gebyar Kemerdekaan yang digelar melalui Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Pasanggrahan Umaiyah ini diikuti 173 tim.

Tim tersebut terdiri dari dua kategori lomba, yakni sebanyak 126 tim pada kategori laki-laki bekawan bertiga dan 44 tim pada kategori bekawan berdua perempuan.

Para peserta ini merupakan pegiat Balogo se-Banua Enam, Kalimantan Selatan, serta perwakilan dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Ketua Pelaksana Lomba Balogo, Fazrul Misrianto, menuturkan bahwa lomba dengan melibatkan peserta dari luar Kalimantan Selatan merupakan salah satu upaya membumikan permainan tradisional Balogo sehingga dapat menjadi olahraga yang semakin nasional.

“Jadi perbedaan kompetisi saat ini dengan kompetisi yang lain, kita diikuti oleh tiga provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur, di mana tiga provinsi itu sangat antusias untuk mengikuti kegiatan lomba Balogo ini dan juga banyak mengirimkan tim dari provinsi-provinsi tersebut,” ujar Fazrul Misrianto, Ketua Pelaksana.

Fazrul Misrianto menambahkan bahwa lomba Balogo ini digelar untuk menguji kemampuan para pegiat Balogo sekaligus upaya untuk menjalin silaturahmi antar pegiat Balogo.

Diketahui, lomba ini memperebutkan total hadiah 16,5 juta rupiah dengan pemenang sebagai berikut:

Juara 1 Putra: Pulantan Putih dari Balangan

Juara 2 Putra: Bagantar dari Tapin

Juara 3 Putra: Nirwana dari HST

Juara 4 Putra: Asbab dari Tapin

Juara 5 Putra: Tampung Habang dari Tapin

Juara 1 Perempuan: Ratu Tamputung dari Tabalong

Juara 2 Perempuan: Pandan Wangi dari Balangan

Juara 3 Perempuan: Nirmala Sari dari Tabalong

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment