Home Tabalong Hari Ini Program Sekolah Damai Duta Damai BNPT Kalsel Sasar SMKN 1 Tanjung

Program Sekolah Damai Duta Damai BNPT Kalsel Sasar SMKN 1 Tanjung

by Muhammad Rais

Duta Damai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Regional Kalimantan Selatan melaksanakan sosialisasi program Sekolah Damai dengan tema Anti Bullying dan Indonesia Harmoni pada Senin, 5 Agustus 2024, di SMK Negeri 1 Tanjung.

Sosialisasi dilakukan langsung oleh Duta Damai BNPT Regional Kalimantan Selatan melalui Koordinatornya, Ratna Lindawati atau akrab disapa Ralin, saat upacara bendera pada Senin pagi.

Di hadapan 1.350 siswa-siswi SMKN 1 Tanjung, Ralin mensosialisasikan berbagai upaya dalam mencegah radikalisme dan terorisme serta mencegah bullying di sekolah.

Saat diwawancara, Ralin menuturkan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk menjadikan sekolah damai terbebas dari paham radikalisme dan terorisme sehingga terwujud perdamaian yang indah di Indonesia.

“Duta Damai ini kita pencegahan radikalisme dan terorisme melalui media sosial maupun langsung ke masyarakat. Salah satu itemnya adalah perdamaian bijak bermedia sosial, kemudian Sekolah Damai adalah keunggulan dari program Duta Damai BNPT yang ke sekolah-sekolah, ke kampus, dan ke lingkungan masyarakat sehingga terwujudnya perdamaian yang indah di Indonesia,” ujar Ralin, Koordinator Duta Damai BNPT RI Regional Kal-Sel.

Sosialisasi ini disambut positif oleh sejumlah siswi SMK Negeri 1 Tanjung. Mereka mengaku mendukung program Sekolah Damai guna menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan damai serta terhindar dari bullying.

“Yang mana menyadarkan kita akan pentingnya menjaga perdamaian dan saling mengingatkan antar sesama agar tidak adanya bullying di sekolah maupun di masyarakat,” ujar Nurhalisa Amelia Putri, siswi SMKN 1 Tanjung.

“Harapannya semoga sekolah bebas dari bullying dan tetap menumbuhkan rasa nasionalisme dan perdamaian. Terima kasih, salam Pancasila, damai itu Indonesia,” tambah Aulia Ananda, siswi SMKN 1 Tanjung.

Sosialisasi program Sekolah Damai sebelumnya dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota seperti Kota Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura atau Kabupaten Banjar.

Terdapat tiga program wajib yang harus diikuti anggota Duta Damai BNPT RI maupun bagi masyarakat yang ingin bergabung, yaitu blogger atau jurnalistik, desain komunikasi visual, dan IT.

Duta Damai merupakan ujung tombak BNPT melawan penyebaran ideologi radikal dan terorisme.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment