Home Tabalong Hari Ini Pasar Kapar Akan Disatukan, Pemerintah Bangun Jalan Baru di Sisi Kanan

Pasar Kapar Akan Disatukan, Pemerintah Bangun Jalan Baru di Sisi Kanan

by Muhammad Rais

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan revitalisasi Pasar Kapar secara bertahap, dimulai tahun 2024. Pekerjaan revitalisasi pasar yang saat ini dikerjakan ialah pembuatan badan jalan baru di sisi kanan pasar, lalu pembangunan bangunan pasar baru di bagian tengah.

Beginilah kondisi Pasar Kapar, Kecamatan Murung Pudak, terpantu pada Kamis, 1 Agustus 2024. Pasar ini tengah direvitalisasi oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Tabalong, yang dimulai pada pertengahan bulan April lalu.

Terpantau seluruh bangunan los pasar sebelah kanan, dan sebagian bangunan los pasar sebelah kiri dibongkar.

Pada area pembongkaran juga terlihat pondasi pasar baru sudah dibangun.

Rencananya bangunan baru akan dibangun di area ini dengan menyatukan sisi pasar sebelah kanan dan kiri, sehingga nantinya tidak ada lagi jalan yang membelah pasar.

Sementara untuk jalan pasar akan dialihkan ke sisi terluar los pasar, yang nantinya memutari bangunan baru Pasar Kapar. Pekerjaan jalan baru dilakukan bertahap, pada tahun ini dikerjakan pembuatan badan jalan di sisi kanan pasar.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Sarana Perdagangan, Eko Fiftadi, yang ditemui di ruang kerjanya berharap, pembuatan jalan baru segera selesai dan dapat dipergunakan masyarakat.

Di sisi lain, penyedia dapat fokus melaksanakan pembangunan pasar di bagian tengah, yang rencananya diperuntukkan bagi pasar basah untuk pedagang ikan, ayam, dan sayur.

“Ketika jalan itu belum bisa difungsikan, kita tidak bisa mengalihkan jalan bagian tengah, tidak bisa melaksanakan bangunan tengah. Nah mau tidak mau kita menyelesaikan dulu perkerasan jalan yang kita buat, ketika jalan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, baru kita menutup bagian tengahnya itu, karena posisi bangunannya persis di atas jalan yang ada sekarang,” kata Eko Fiftadi, Kabid P2SP DKUKMPP Tabalong.

Sebagai informasi tambahan, DKUKMPP Tabalong menyiapkan anggaran 12 miliar rupiah untuk revitalisasi bertahap Pasar Kapar tahun ini. Secara keseluruhan, rencana anggaran revitalisasi mencapai 25 miliar rupiah, yang nantinya mengubah wajah Pasar Kapar dari yang sebelumnya dipisahkan oleh jalan, menjadi satu bangunan semi modern berkonsep semi terbuka dengan jalan mengelilingi pasar.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment