Home Tabalong Hari Ini Ratusan Siswa SD dan SMP di Tabalong Ikut Lomba Balogo

Ratusan Siswa SD dan SMP di Tabalong Ikut Lomba Balogo

by Muhammad Rais

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tabalong menggelar Lomba Permainan Tradisional Balogo tingkat pelajar pada Rabu, 17 Juli 2024. Lomba ini digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Lomba Balogo tingkat Kabupaten Tabalong yang digelar melalui Bidang Kebudayaan Disdikbud diikuti sekitar 234 peserta yang terbagi dalam 78 tim untuk kategori SD dan SMP sederajat.

Sebanyak 58 tim dengan 174 orang peserta pada jenjang SD sederajat dan 30 tim dengan 90 orang peserta pada jenjang SMP sederajat.

Saat diwawancara usai membuka Lomba Balogo, Kepala Disdikbud Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan, mengatakan selain untuk memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga digelar sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional di era kemajuan teknologi.

“Dengan harapan ke depan, yang pertama dari kami mewakili unsur pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong ini sebagai bagian dari edukasi proses penanaman nilai-nilai kearifan lokal. Nilai-nilai kearifan lokal olahraga balogo ini dulu pernah hadir, tumbuh, dan berkembang. Nah, kami ingin ketika anak-anak kita ini yang terlahir dengan lonjakan-lonjakan kemajuan teknologi dan informasi, anak-anak kita masih memiliki nilai-nilai spirit kearifan lokal yang pernah tumbuh di Kabupaten Tabalong,” ujar Tonie Marwan, Kepala Disdikbud Kabupaten Tabalong.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Rahmanto, mengapresiasi tingginya antusias para peserta didik yang ikut dalam kegiatan ini. Menurutnya, hal ini seiring dengan adanya kerja sama dengan GOBI Tabalong serta sosialisasi yang sudah dilakukan dari jauh-jauh hari.

“Mensosialisasikan kegiatan ini kurang lebih 1 bulan yang lalu ini bekerjasama dengan Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI). Jadi, melalui staf kita di bidang kebudayaan untuk berkolaborasi dengan GOBI itu sendiri,” ujar Rahmanto, Kabid Kebudayaan Disdikbud Tabalong.

Pada Lomba Permainan Tradisional Balogo, diambil 6 orang pemenang di setiap jenjang. Untuk juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar 2,5 juta rupiah, juara 2 sebesar 2 juta rupiah, juara 3 sebesar 1,5 juta rupiah, juara harapan 1 sebesar 1 juta rupiah, juara harapan 2 sebesar 750 ribu rupiah, dan juara 3 sebesar 500 ribu rupiah.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment