Home Tabalong Hari Ini Dapat Bantuan Kemendag, Kini Pasar Rakyat Wirang Dimanfaatkan Jadi Pasar Sayur

Dapat Bantuan Kemendag, Kini Pasar Rakyat Wirang Dimanfaatkan Jadi Pasar Sayur

by Muhammad Rais

Selain revitalisasi Pasar Wirang menggunakan APBD, Pemkab Tabalong juga menerima bantuan APBN berupa hibah Pasar Rakyat dari Kemendag RI. Pasar tersebut diperuntukkan bagi area pedagang sayur dan hortikultura di Pasar Wirang.

Inilah bangunan Pasar Rakyat yang berada di area tengah Pasar Wirang, Jalan Lintas Provinsi Kalsel – Kaltim, Desa Wirang, Kecamatan Haruai.

Terpantau pada Senin, 15 Juli 2024, belasan pedagang sayur dan hortikultura menjajakan dagangannya di area bangunan ini.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Sarana Perdagangan, Eko Fiftadi, yang dihubungi via telepon, menuturkan pembangunan Pasar Rakyat yang diplot menjadi Pasar Sayur merupakan hibah dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui APBN.

Kemendag menganggarkan dana TP atau Tugas Pembantuan hingga 3 miliar rupiah.

“Kalo penandatanganan hibahnya sudah sepihak dari kita, semalam diundang kementerian, cuma buhannya nih beacara kaina. Kemungkinan itu kena diacarakannya bulan Agustus atau Oktober. Tapi sudah diperbolehkan untuk dipergunakan, sejak selesai sudah memfungsikan.” Eko Fiftadi, Kabid Pengembangan & Pengendalian Sarana Perdagangan DKUKMPP Tabalong.

Sementara itu, Rumiati, pedagang sayur yang sudah berdagang lebih dari 30 tahun di Pasar Lama Wirang, mengaku penjualannya meningkat sejak pindah ke pasar baru ini pada tahun lalu. Ia pun menilai bangunan Pasar Sayur cukup baik.

“Mending di sini, kemarin mau membayari sayur aja ngalih. Disitu sunyi. (Berarti di sini lebih rame ya, Bu?) Ya, mendingan gitu.” Rumiati, Pedagang Sayur.

Selanjutnya, DKUKMPP Tabalong menyiapkan anggaran satu miliar rupiah tahun 2025 untuk membangun los pasar baru dengan menambah atap bangunan dari arah depan Pasar Sayur. Namun, sebagai catatan, pembangunan los pasar baru dapat dilakukan apabila Kemendag sudah menghibahkan secara resmi Pasar Sayur ke Pemkab Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment