Home Tabalong Hari Ini Puluhan Satker KPPN Tanjung Terima Penghargaan Pengelolaan Anggaran

Puluhan Satker KPPN Tanjung Terima Penghargaan Pengelolaan Anggaran

by Muhammad Rais

KPPN Tanjung menyerahkan berbagai penghargaan kepada satker di wilayah kerjanya dalam kegiatan KPPN Tanjung Award Semester Satu Tahun 2024. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk komitmen dan dedikasi satker dalam mengelola anggaran secara baik serta bertanggung jawab.

Puluhan instansi dalam Satuan Kerja (Satker) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Tanjung menerima berbagai penghargaan dalam kegiatan KPPN Tanjung Award Semester Satu Tahun 2024 pada Rabu, 21 Agustus 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Adapun Satker KPPN Tanjung mencakup Kabupaten Tabalong, Balangan, dan Hulu Sungai Utara.

Kepala KPPN Tanjung, Sigid Mulyadi, mengatakan penghargaan ini bukan hanya sekadar pengakuan dan bentuk apresiasi atas kerja keras serta dedikasi dalam mengelola anggaran negara, tetapi juga sebagai penilaian kinerja yang sangat penting.

Oleh karena itu, Sigid berharap melalui KPPN Tanjung Award ini, pihaknya dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan semangat kepada satker dalam mengelola anggaran secara lebih baik serta bertanggung jawab.

“Dan kami percaya penghargaan ini akan bermanfaat, tidak hanya dalam meningkatkan motivasi dan semangat kerja, tetapi juga dalam memperkuat eksistensi dan reputasi satker. Dengan terus berusaha meraih penghargaan, satker dapat menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam mengelola anggaran, serta memotivasi diri untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja,” ujar Sigid Mulyadi, Kepala KPPN Tanjung.

Hal senada diungkapkan Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah. Ia pun mengapresiasi unit-unit kerja yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam pengelolaan anggaran. Diharapkan pula KPPN Award menjadi momentum untuk merefleksikan pencapaian kinerja dan merancang strategi yang lebih efektif dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan.

“KPPN Awards ini adalah momen yang sangat penting bagi kita semua, khususnya bagi instansi/unit kerja yang telah menunjukkan dedikasi, profesionalisme, dan inovasi dalam pengelolaan keuangan negara. Penghargaan ini bukan hanya sekadar simbol, tetapi juga bentuk pengakuan atas kerja keras dan kontribusi yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan program-program pemerintah,” ujar Hamida Munawarah, Pj Bupati Tabalong.

Penghargaan KPPN Tanjung Award Semester Satu Tahun 2024 yang diserahkan mulai dari peringkat satu hingga tiga untuk setiap kategori digitalisasi pembayaran, yaitu Implementasi Cash Management System (CMS), Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP), dan Implementasi Digipay Satu.

Kemudian, masing-masing peringkat satu hingga tiga untuk lima kategori penilaian, yakni Penyampaian Gaji Induk Tercepat, Tolakan SPM Terkecil, Rekonsiliasi dan Penyusunan LK, LPJ Pengeluaran, serta LPJ Penerimaan.

Sebanyak 15 satker menerima penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Sempurna Pagu Kecil di bawah 1 M, dan 11 satker menerima penghargaan IKPA Sempurna Pagu Sedang di antara 1 M hingga 10 M, serta Pagu Besar di atas 10 M.

Penghargaan terbanyak diraih Kantor Kementerian Agama Tabalong, yakni sebanyak tiga penghargaan yang terdiri dari Satker dengan IKPA Sempurna Kategori Pagu Besar, Peringkat Satu Implementasi Digipay Satu, dan Peringkat Dua Penyampaian Gaji Induk Tercepat.

Penghargaan terakhir ialah Kinerja Penyaluran DAK Fisik Terbaik Semester Satu Tahun 2024 yang diserahkan KPPN Tanjung kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Setelah penyerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan Forum Konsultasi Publik (FKP). Melalui FKP ini, KPPN Tanjung mendengarkan masukan, saran, dan aspirasi dari semua pihak. Diharapkan masukan tersebut bersifat konstruktif sehingga dapat membantu KPPN dalam meningkatkan layanan. FKP juga menjadi kesempatan berharga bagi semua pihak untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan bersama-sama mencari solusi dalam menghadapi tantangan yang ada.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment