Home Tabalong Hari Ini PJ Bupati Hamida Terima 2 Penghargaan dari Paman Birin di HUT Ke-74 Kalsel

PJ Bupati Hamida Terima 2 Penghargaan dari Paman Birin di HUT Ke-74 Kalsel

by Muhammad Rais

Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima dua penghargaan pada Hari Jadi Ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan. Penghargaan tersebut berasal dari pemerintah pusat dan provinsi.

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, saat peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu, 14 Agustus 2024, di Banjarmasin.

Hamida Munawarah menerima penghargaan pertama dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mendorong percepatan pembangunan desa, sehingga seluruh desa di Kabupaten Tabalong mencapai status mandiri, maju, dan berkembang.

Penghargaan tersebut didukung dengan capaian Tabalong dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM), yang mana rata-rata nilai IDM Tabalong saat ini berada di angka 0,8340 atau berstatus mandiri. Hal ini membuat Tabalong berada di posisi 44 dari 434 kabupaten/kota se-Indonesia.

Adapun dari 121 desa yang ada di Tabalong, sebanyak 90 desa masuk kategori mandiri, 28 desa maju, dan 3 desa berkembang.

Sementara penghargaan kedua diterima Pemerintah Kabupaten Tabalong atas capaian realisasi investasi terbesar ke-III di Kalimantan Selatan tahun 2023.

Pada tahun 2023, realisasi investasi di Kabupaten Tabalong sebesar 2,3 triliun rupiah dari total sebanyak 847 proyek. Nilai investasi tersebut didominasi oleh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yakni sebesar 1,8 triliun rupiah dari 806 proyek, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 500 miliar rupiah dari 153 proyek.

PJ Bupati Hamida Munawarah mengatakan bahwa penghargaan ini diraih berkat kerja keras dan kolaborasi dari berbagai pihak. Ia juga mengaku optimis Kabupaten Tabalong akan semakin maju seiring dengan posisi Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan penyangga ibu kota Nusantara.

Tidak hanya itu, penghargaan turut diterima Tabalong melalui pilar sosial dan di bidang pertanian.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment