Home Tabalong Hari Ini Raker Komisi II DPRD Bersama Disbunnak Bahas Program 2024 dan Renja 2025

Raker Komisi II DPRD Bersama Disbunnak Bahas Program 2024 dan Renja 2025

by Muhammad Rais

Komisi II DPRD Tabalong menggelar rapat kerja bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong pada Senin, 5 Agustus 2024, di ruang rapat pimpinan Sekretariat DPRD Tabalong. Rapat membahas realisasi capaian kinerja tahun 2024 dan rencana kerja tahun 2025.

Rapat kerja dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, didampingi sejumlah anggota dan dihadiri Kepala Disbunnak Tabalong, Soleh, beserta jajaran.

Pada rapat kerja ini, dibahas realisasi capaian kinerja Disbunnak tahun 2024 dan rencana kerja tahun 2025.

Hingga Juli 2024, realisasi anggaran Disbunnak telah mencapai 37 persen. Serapan anggaran ini masih tergolong rendah karena adanya sejumlah kegiatan dengan anggaran besar yang masih dalam tahap lelang serta sebagian masih belum rampung.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, menjelaskan bahwa realisasi yang belum tercapai tersebut masih cukup realistis. Ia optimis ke depan realisasi Disbunnak dapat semakin meningkat.

“Kami melihat itu termasuk realistis, alasannya walaupun dengan target yang tidak tercapai, kemungkinan di akhir-akhir sebelum habis masa ini dapat terpenuhi,” ujar Mursalin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Saleh, menuturkan bahwa pada tahun 2025, program prioritas yang akan dilakukan adalah peremajaan karet di Desa Mangkupum, Kecamatan Muara Uya, seluas 700 hektar yang akan dilakukan secara bertahap.

“Jadi 2025 kita masih tetap konsisten dengan program-program kita yaitu peremajaan karet, tapi ini ada pergeseran sedikit masalah pengadaan ternak sapi dan kambing di mana di tahun 2024 ini telah terjadi wabah penyakit LSD, jadi kita dari sistem kementerian sudah ditutup untuk distribusi ternaknya ya antar pulau sudah ditutup, artinya kita tidak bisa mengadakan lagi bibit ternak khusus untuk sapi dan kambing,” ujar Saleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Saleh berharap program-program yang telah direncanakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik mungkin, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment