Home Tabalong Hari Ini Dicor Bertahap, Begini Kondisi Jalan Menuju Desa Salikung dan Sei Kumap

Dicor Bertahap, Begini Kondisi Jalan Menuju Desa Salikung dan Sei Kumap

by Muhammad Rais

Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berkomitmen meningkatkan infrastruktur di wilayah desa terpencil, khususnya di dua desa yang ada di Kecamatan Muara Uya. Ini dilakukan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Beginilah kondisi jalan Desa Binjai menuju Desa Sungai Kumap dan Desa Salikung, Kecamatan Muara Uya, terpantau di sela kunjungan kerja Pemkab Tabalong pada Rabu, 31 Juli 2024.

Jalan yang dulunya masih berupa tanah, sejak tahun 2021 sebagian telah ditingkatkan secara bertahap menjadi jalan cor beton.

Dari total 15,8 kilometer jalan Desa Binjai menuju Desa Salikung yang rusak, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah melakukan peningkatan jalan sepanjang 7,8 kilometer.

Sedangkan jalan dari Desa Binjai menuju Desa Sungai Kumap, dari total 8 kilometer jalan yang rusak, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah melakukan peningkatan jalan sepanjang 4,7 kilometer.

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, menuturkan pihaknya akan terus berupaya mendorong peningkatan infrastruktur di desa-desa terpencil ini guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah artinya ada kemajuan beberapa tahun. Kami melihat tadi dari tahun 2022 sampai sekarang dan bahkan di 2025 kami melihat ada program-program infrastruktur dari Dinas PUPR baik itu untuk jalan maupun jembatan,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tabalong, Sunengsi, mengatakan pembangunan jalan menuju dua desa terpencil tersebut berjalan lancar, terlebih pemerintah daerah telah mengantongi izin pinjam pakai hutan dari Kementerian LHK.

“Jadi kendala seperti izin pinjam pakai dari kehutanan itu kita sudah ada izin pinjam pakainya, maka kita bisa melaksanakan kegiatan peningkatan jalan. Untuk konversi seperti yang kita lihat tadi adalah cor beton,” kata Sunengsi, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tabalong.

Peningkatan jalan ini disambut baik sejumlah warga. Pasalnya, peningkatan jalan tersebut dinilai semakin memudahkan warga menuju ibu kota kecamatan maupun kabupaten.

“Alhamdulillah kami warga Desa Sungai Kumap sangat bersyukur atas kunjungan Penjabat Bupati Tabalong ke Desa Sungai Kumap. Pembangunan, terlebih lagi infrastruktur jalan yang sudah tahun-ke-tahun semakin meningkat, alhamdulillah kami sangat bersyukur,” ujar Misran, Kades Sei Kumap.

Misran menambahkan, berkat adanya peningkatan jalan ini, waktu tempuh perjalanan warga dari dua desa menuju ibu kota kecamatan dapat lebih cepat. Dari sebelumnya ditempuh setengah hari perjalanan, kini telah dapat ditempuh dalam waktu dua jam.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya meningkatkan jalan menuju Desa Salikung dan Sungai Kumap, Kecamatan Muara Uya.

Selain peningkatan badan jalan, ke depan pembangunan juga akan difokuskan pada pergantian jembatan kayu menjadi box culvert.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment