Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Luas Lahan Pertanian, DKPPTPH Upayakan Program Cetak Sawah

Tingkatkan Luas Lahan Pertanian, DKPPTPH Upayakan Program Cetak Sawah

by Muhammad Rais

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong berupaya meningkatkan luas lahan sawah di Tabalong. Salah satu upaya meningkatkan luas lahan tersebut adalah melalui program cetak sawah.

DKPPTPH akan kembali meningkatkan luas lahan sawah melalui program cetak sawah di Kabupaten Tabalong.

Melalui program tersebut, luas lahan sawah ditargetkan meningkat dari 12.603 hektar menjadi 13.173 hektar.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, saat ditemui belum lama ini menjelaskan, untuk mencapai target luas lahan pertanian tersebut, pihaknya telah mengusulkan program cetak sawah melalui pembiayaan APBN.

“Ada dari APBN itu melakukan dengan cetak sawah, nah jadi cetak sawah itu adalah salah satu upaya kita bagaimana untuk memenuhi kebutuhan pangan itu. Di samping satu sisi kita meningkatkan areal yang sudah ada, tetapi kita juga menciptakan lahan persawahan yang baru melalui cetak sawah,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Fahrul berharap, dengan bertambahnya luas lahan pertanian maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat, dan kebutuhan pangan di Kabupaten Tabalong akan tercukupi.

Diketahui, program cetak sawah telah dilakukan pada tahun 2023 lalu yang menyasar 10 hektar lahan di Desa Mangkupum, Kecamatan Muara Uya.

Di tahun 2025 mendatang, cetak sawah kembali diusulkan dengan menyasar 6 desa di Tabalong, yaitu Desa Kinarum dan Masingai di Kecamatan Upau, Desa Garunggung di Kecamatan Tanjung, Desa Ampukung di Kecamatan Kelua, serta Desa Lumbang dan Desa Mangkupum di Kecamatan Muara Uya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment