Ziarah Makam Jadi Tradisi Saat Hari Raya Idul Fitri

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Ziarah kubur selepas pelaksanaan sholat  idul fitri, merupakan sebuah tradisi turun temurun yang terus dilaksanakan setiap tahunnya. Seperti yang dilakukan para warga Desa Bumi Makmur dan juga Desa Bintang Ara, pada 2 Mei 2022, di pemakaman umum kuburan muslimin.

Ziarah ini pun diakui para warga dilakukan, untuk mendoakan para kerabat dan juga keluarga,yang telah lebih dulu berpulang. Tidak hanya mendoakan, moment ziarah ini pun juga sekaligus digunakan para warga untuk membersihkan konidisi fisik makam.

“Disini kan yang namanya mayoritas masyarakat disini kalo hari lebaran kebiasaannya ziarah ke makam makam itu aja. Cuman kan keramaiannya itu pas lebaran aja, nah kalau jauh jauh harinya gak ada.” Kata Yansyah, Penziarah.

“Ya artinya dari tradisi leluhur dulu memang setiap selesai sholat ied itu pasti ziarah ke kubur. Ya artinya kirim kirim doa kepada almarhum yang telah mendahului kami. Artinya kita sebagai anak turut mendoakan kepada orang tuanya.” Kata Mahyudin, Penziarah.

Pelaksanaan ziarah kubur sendiri mulai ramai setelah pelaksanaan sholat ied hingga sore hari, pada perayaan idul fitri hari pertama. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment