Home / Pertanian / Wiwitan, Cara Petani Desa Masingai Ungkapkan Rasa Syukur Atas Melimpahnya Panen

Wiwitan, Cara Petani Desa Masingai Ungkapkan Rasa Syukur Atas Melimpahnya Panen

TVTABALONG.COM – Area persawahan belulang Desa Bilas, pada 24 April 2019, ramai dipadati warga dan pejabat pemerintahan. Kehadiran mereka untuk memeriahkan acara wiwitan yang diselenggarakan gabungan kelompok tani usaha bersama desa masingai dua kecamatan upau.

Para petani beramai-ramai mengangkut hasil pertanian ke tengah sawah. Wiwitan merupakan ritual untuk mengucapkan rasa syukur atas hasil panen padi yang melimpah. Tradisi ini merupakan tradisi masyarakat jawa, yang saat ini mendiami Desa Masingai dan sekitarnya.

“kami awalnya hanya mengadakan syukuran kecil untuk minta keselamatan petaninya maupun panennya, supaya berkah untuk petaninya, berkah untuk masyarakat” jelas petani Desa Masingai, Tugiran

“dan itu didanai oleh Dinas Pertanian Tabalong, kami mengucapkan terima kasih untuk Dinas Pertanian atas bantuannya untuk dapat mengadakan syukuran ini”

Kegiatan wiwitan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Wakil Bupati Tabalong, Mawardi yang turut menghadiri cara ini menilai, wiwitan menjadi ajang silaturahmi, tidak hanya di kalangan petani tetapi juga pada pemerintah daerah. Sehingga kedua belah pihak dapat saling mendukung dalam memajukan pertanian di Tabalong.

“semoga dengan acara wiwitan ini menjadi sebagai jalan kita mendapatkan pertolongan dari Tuhan YME. Dan tentunya terwujud kemajuan pembangunan pertanian dan membawa kesejahteraan bagi para petani dan masyarakat”  ucap Mawardi dalam sambutannya

“ini adalah sebagai wahana untuk instropeksi diri, apakah ada kekurangan? Apakah ada kelemahan dalam pengelolaan pertanian ke depan? Baik sarana dan prasarana, maupun pengelolaan tanaman itu sendiri” jelas Kadis Pertanian Tabalong, Johan Noor Effendi

Baca juga : Petani Masingai Harapkan Legalitas Lahan Sawah Lewat Program Pemerintah

Pasca pelaksanaan panen, pemerintah daerah mengharapkan para petani, segera kembali menyiapkan lahan pertanian mereka, untuk musim tanam selanjutnya. Baik itu untuk padi, ataupun jenis tanaman lainnya.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Check Also

Terpilih Sebagai Ketua, Mawardi Segera Rancang Program Kerja Kwarcab Tabalong

TVTABALONG.COM – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tabalong masa bakti 2019 – 2024, Mawardi akan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: