Warga Desa Pematang Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Bunga

TVTABALONG.COM – Inilah taman bunga poska yang saat ini mulai viral di Tabalong. Taman ini terletak di Desa Pematang RT.7 Kecamatan Banua Lawas. Terdapat puluhan jenis bunga yang ditanam di taman ini sejak sebulan lalu. Namun hanya bunga matahari yang baru mengeluarkan bunga.

Meski demikian, taman bunga ini sudah mulai ramai dikunjungi warga. Baik untuk sekedar melihat-lihat, maupun untuk berswafoto ditengah tengah bunga matahari yang mekar. Pasalnya taman bunga masih jarang ditemui di Tabalong.

luar biasa, karena belum ada lagi di sini- sini selain ini” kata salah seorang pengunjung, Mega

“ di sini cukup bagus karena belum selesai lagi” tambah Mega

Taman bunga seluas 1 hektar ini, rencananya akan ditanami sekitar 50 jenis bunga. Taman bunga ini dikelola secara swadaya oelah warga sekitar yang beranggotakan 33 orang.

Pengelola taman bunga, Anwar Sanusi mengatakan, pendirian taman bunga, didasari ramainya pengunjung yang datang ke Agro Wisata Tabur. Sehingga warga disini berinovasi dengan membuat kebun bunga, guna memaksimalkan lahan yang tersedia.

Saat ini, pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif. Mereka hanya dikenakan biaya parkir, yang mana hasilnya akan dibagikan pada anggota, dan sebagian disumbangkan untuk pembangunan Pesantren Al Akram Kaligrafi Desa Pematang.

“hasilnya nanti sebagian untuk pesantren itu, sebagian anggota, sekitar 30 orang.”  ujar Anwar

“soalnya ekonomi di sini menengah ke bawah, hasil masyarakat di sini hanya menurih”

Saat ini progres pembangunan taman bunga poska mencapai 80 persen. Pihak pengelola berencana menambahkan pondok tempat peristirahatan, toliet, dan tempat ibadah di taman ini. Kebun Bunga Poska dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: