Warga Bumi Makmur Potong Hewan Qurban

by admintv
0 comment

Prosedur penyebelihan hewan kurban di tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, akibat mewabahnya penyakit mulut dan kuku pada ternak. Pasalnya di masa seperti ini, penyembelihan hewan ternak dianjurkan dilakukan di rumah potong hewan. Namun Pemerintah Kabupaten Tabalong juga tetap memperbolehkan penyembelihan di masyarakat, dengan memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah dalam pencegahan wabah PMK.

Salah satunya seperti penyembelihan hewan kurban di Desa Bumi Makmur Kecamatan Bintang Ara. Penyembelihan hewan kurban oleh panitia, dilakukan dengan lebih ketat. Bahkan sebelum membeli ternak kurban, para panitia ini telah memastikan hewan terbebas dari wabah PMK.

“Kita Sebelum membeli hewan kurban itu kita sudah ada apa itu rambu-rambu yang melihat di media massa, di televisi, dan ada Wa Wa bahwa PMK itu kan bahaya. Jadi kita ini membeli sapi sudah dalam keadaan baik jadi Sudah ada pemeriksaan dari badan yang mengelola atau dari bidang peternakan, mulai dari Apa itu pedagangnya, itu sudah sesuai dengan standar PMK.” Kata Imam Hambali, Ketua Panitia Pelaksana Kurban Desa Bumi Makmur.

Imam menjelaskan, tidak hanya petugas dari bidang peternakan, masyarakat di desa ini juga sudah mulai memahami indikasi pmk, karena sebagian besar berprofesi sebagai petani dan peternak. Ia pun berharap pelaksanaan pemotongan hewan kurban degan gotong royong ini dapat meningkatkan silaturahmi antar warga. (Maria Ulfah, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment