Wajib Tau, Pentingnya Surat Lamaran & CV Yang Menarik Ketika Melamar Pekerjaan

TVTABALONG.COM – Tidak sedikit, bagian Human Resource Department (HRD) tidak memanggil para pelamar, karena gagal di tahap pemberkasan. Bukan saja karena kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, tetapi juga karena pengemasan surat lamaran atau daftar riwayat hidup yang dibuat, kurang menarik.

Human Resource Department Head PT Adaro Indonesia, Shahka Abiaji membeberkan secara singkat, cara agar surat lamaran atau CV yang dibuat menarik.

Diantaranya ialah melampirkan data pribadi khususnya kontak yang bisa dihubungi, menjelaskan skill yang dimiliki, serta pengalaman kerja. Pelamar juga wajib menjabarkan CV secara formal dengan singkat, padat, dan jelas.

“yang pertama dibenerin soft skillnya dulu, benerin dulu CV nya, karena kalau cv tidak menarik maka jangankan untuk kerja, di panggil interview aja enggak” kata Abiaji

“Kalau CVnya udah bagus terus baru memikirkan cara untuk kalian di panggil interview”

“Ketika kalian panggil terus apa yang harus dipersiapkan, kita memberi pelatihan seperti itu, kenapa? Saya selalu bilang ke calon pekerja, yang namanya dipanggil interview adalah kesempatan yang sangat mahal, ini mungkin sekali dalam hidup kalian” jelas Abiaji lagi

Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Syaiful Ikhwan mengatakan, tahun ini, pihaknya mengajak HRD di sejumlah perusahaan, untuk memberikan pembekalan materi soft skill seperti membuat lamaran, CV, dan kecakapan berbicara saat wawancara. Khususnya bagi pencari kerja yang ada di Balai Latihan Kerja Tabalong.

“kita di Dinas Tenaga Kerja khususnya di BLK, mulai tahun ini mengajak mereka yang ada di HRD perusahaan untuk  ikut serta membekali siswa BLK untuk kemampuan soft skill ini, sehingga secara kemampuan keterampilan dan soft skillnya sudah ada, maka kalau ingin masuk dunia kerja sudah siap” jelas Syaiful

Dalam hal ini, perwakilan perusahaan bersama pemerintah daerah berkomitmen, untuk terus berupaya memberikan pengetahuan bagi pencari kerja khususnya warga di Tabalong. Para pencari kerja memiliki soft skill dan hard skill, sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Reporter : Syarif Hidayat  | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: