Wah, Ternyata Di Banua Lawas Pun Ada Makam Pahlawan

TVTABALONG.COM – Umumnya masyarakat Tabalong lebih mengetahui, keberadaan makam pahlawan di Tabalong berlokasi di kelurahan Mabuun. Tahukah anda netizen, selain di Kelurahan Mabuun, makam pahlawan di Tabalong juga terdapat di Desa Sungai Durian Kecamatan Banua Lawas.

Di Kecamatan Banua Lawas, tepatnya di Desa Sungai Durian terdapat makam pahlawan proklamasi pemerintahan tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Di makam yang berlokasi tepat di samping Mesjid As Syuhada Desa Sungai Durian, terdapat 22 makam pejuang. Makam ini terdiri dari dua orang pimpinan dan 20 orang prajurit tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pahlawan tersebut, dalam peringatan hut ke 69 proklamasi pemerintahan gubernur tentara ALRI, Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan, Camat Banua Lawas H Zainuddin pun laksanakan haulan bersama masyarakat banua lawas.

Zainuddin menceritakan, kecamatan Banua Lawas menjadi salah satu wilayah perjuangan tentara ALRI di Tabalong. Di kecamatan ini juga telah banyak gugur pejuang yang mempertahankan kemerdekaan dari Belanda, yang kemudian dimakamkan di kecamatan Banua Lawas.

(S.Hidayat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: