Wabup Ajak Warga Perangi Malaria

TVTABALONG.COM – Desa Binjai Kecamatan Muara Uya, menjadi tempat pelaksanaan peringatan hari malaria sedunia, tingkat provinsi Kalimantan Selatan, yang digelar 25 April 2019.

Melalui peringatan hari malaria sedunia, pemerintah bertekad perangi malaria, terutama di daerah endemis seperti Desa Binjai ini.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah kepala desa di Kecamatan Muara Uya, dan masyarakat Binjai. Mereka diberi edukasi terkait pencegahan dan pengendalian penyakit malaria terutama bagi para perambah hutan. Petugas kesehatan juga berikan pemeriksaan massal, dan pemeriksaan darah.

Wakil Bupati Tabalong, Mawardi, yang membuka acara ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi malaria.

Mawardi mengatakan, peringatan hari malaria ini sebagai momen memantapkan upaya pemerintah maupun masyarakat, untuk benar-benar membebaskan Tabalong dari malaria.

“keberhasilan eliminasi malaria merupakan tanggung jawab kita bersama, jadi mari kita berupaya secara terus menerus untuk melakukan koreksi dan perbaikan dalam rangka menuju eliminasi malaria di Kabupaten Tabalong” kata Mawardi dalam sambutannya

Sejak tahun 2014 lalu, Tabalong ditetapkan sebagai zona merah endemis malaria, dengan temuan sekitar 1.700 penderita.

Namun pemerintah derah melalui Dinas Kesehatan terus menekan penyebaran penyakit ini. Dan hingga tahun 2018, Tabalong ditetapkan sebagai zona hijau endemis malaria. Meski demikian, masih ada sebagian desa, yang menjadi endemis malaria.

“ada beberapa desa yang masih  kita katakan endemis malaria, salah satunya Desa Binjai ini, walaupun keseluruhan Tabalong sudah kategori hijau” jelas Kadis Kesehatan, dr. Taufiqurrahman Hamdie

“nah oleh karena itu,  kita pusatkan hari malaria ini di Desa Binjai”

Sebagai bentuk komitmen masyarakat, untuk membebaskan Tabalong dari penyakit malaria di tahun 2020, pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk menandatangani pakta atau kesepakatan bersama, memberantas malaria.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: