Uyau Moris Tampil di Festival Budaya Dayak Deah 2022

by tabalong hari ini
0 comment

Setelah lama vakum, tahun ini Festival Budaya Dayak Deah, Kecamatan Upau kembali digelar. Kegiatan ini akan berlangsung pada 10-11 September 2022, di Desa Pangelak Kecamatan Upau.

Festival Budaya Dayak Deah tahun ini akan diselenggarakan lebih meriah dengan berbagai kegiatan. Seperti pasar budaya, yang memamerkan berbagai jenis kuliner, aneka kerajinan, hingga obat-obatan tradisional. Kemudian penampilan tari tarian, hingga puncaknya akan dilaksanakan konser yang dimeriahkan oleh Uyau Moris, musisi musik tradisional Sape.

Panitia pun telah mempersiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari, tepatnya sejak 1 bulan yang lalu. Lokasi yang semula hanya tanah lapang, kini telah disulap menjadi lokasi dengan aneka budaya khas Dayak Deah.

“Kami dari panitia pelaksana Festival Budaya Dayak Deah Tahun 2022, mengajak masyarakat untuk berhadir dan meramaikan Festival Budaya Dayak Deah pada 10 dan 11 September 2022 di Desa Pangelak Kecamatan Upau, serta dilanjutkan dengan camping budaya pada 23 dan 24 September, kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum secara gratis,” tutur Panitia Pelaksana, Harmega Oktavia.

Pada puncak kegiatan pun akan diisi konser “suara dari pedalaman” oleh Uyau Moris yang akan berkolaborasi dengan musisi-musisi lokal Dayak Deah, yang akan membawakan lagu tradisional hingga lagu-lagu Nasional.

“Ayo Masyarakat Tabalong dan sekitarnya, jangan lupa datang besok pada tanggal 10 di Festival Budaya Dayak Deah di Kecamatan Upau, karena bakal banyak penampilan menarik dalam festival ini,” kata Uyau Moris.

Seperti diketahui, kegiatan ini sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu, yang dimulai dengan dialog adat di Desa Liyu Kabupaten Balangan, kemudian dilanjutkan dengan Festival Budaya di Desa Pangelak, hingga lemah budaya yang akan dilaksanakan di Riam Kinarum Kecamatan Upau.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment