Home Editor's Picks Usulan Musrenbang Bintang Ara Untuk Tingkatkan Indeks Desa Membangun

Usulan Musrenbang Bintang Ara Untuk Tingkatkan Indeks Desa Membangun

by tabalong hari ini
0 comment

Sebanyak 111 usulan pembangunan dihimpun dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Bintang Ara, yang digelar Rabu 1 Februari 2023. Usulan yang didominasi bidang infrastruktur tersebut, difokuskan untuk menunjang peningkatan indeks desa membangun di wilayah setempat.

Musyawarah rencana pembangunan RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2024 di Kecamatan Bintang Ara, menghasilkan 111 usulan. Yang mana usulan tersebut, merupakan hasil Musrenbang tingkat desa yang digelar di 9 desa yang ada di Kecamatan Bintang Ara.

Seperti, Bumi Makmur 5 usulan, Waling 13 usulan , Argo Mulyo 7 usulan, Bintang Ara 40 usulan, Usih 14 usulan, Burum 10 usulan, Dambung Raya 12 usulan, Panaan dan Hegarmanah masing-masing 5 usulan. ,

Camat Bintang Ara Suryadi  mengatakan dari total usulan tersebut, bidang infrastruktur sebanyak 61 usulan, ekonomi 18 usulan dan pelayanan publik 31 usulan . Hal itupun menurutnya telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat, guna menunjang indeks desa membangun di wilayah Kecamatan Bintang Ara.

“Dari jumlah usulan tersebut, kami mewakili semua kepala desa dan masyarakat Kecamatan Bintang Ara yang banyak berharap agar usulan tersebut dapat direalisasikan, sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat dalam rangka menunjang Indek Desa Membangun di wilayah Kecamatan Bintang Ara,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Litbang Tabalong, Sujadi, menyampaikan dari seluruh usulan yang masuk dan telah di input dalam SIPD, akan kembali dipilah berdasarkan skala super prioritas.

Baca Juga  Kuota Haji Tabalong Tahun 2023 Naik Jadi 436 Jamaah

“Ternyata yang di dominan tadi disampaikan pa camat itu infrastruktur, dari data yang ada di kami infrastruktur nya sebanyak 61 usulan, kemudian ekonomi ada 18 usulan, dan pelayanan publik 31, jadi masih infrastruktur yang di dominan, mudah mudahan nanti infrastruktur pun akan kita lihat, sebagaimana arahan pak kepala badan, kita akan melihat yang super prioritas untuk itu,” katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan indeks desa membangun di Kecamatan Bintang Ara , terdapat 2 desa mandiri, 4 desa maju, 2 desa berkembang, dan terdapat 1 desa tertinggal . Dengan capaian IDM ini, pemerintah Kecamatan Bintang Ara berharap agar usulan yang disampaikan untuk pemerataan pembangunan dapat terealisasi, sehingga tidak terdapat lagi desa yang berstatus tertinggal.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment