USBN Tentukan Kelulusan Siswa

TVTABALONG.COM – Kelulusan siswa sekolah kini tidak lagi ditentukan dari hasil ujian nasional. Namun dari penghitungan hasil ujian sekolah berstandar nasional dan nilai harian siswa.  Meski demikian, siswa pun mengaku, soal USBN justru lebih sulit dari soal ujian nasional.

SMP Negeri 2 Tanjung, salah satu sekolah yang juga menerapkan hasil USBN dan nilai harian, sebagai penentu kelulusan siswanya. Yaitu dengan perbandingan, 50% dari hasil nilai USBN, dan 50% dari nilai harian dan rapor siswa.

Kendati demikian, siswa SMP Negeri 2 Tanjung sempat khawatir dengan kelulusan mereka. Karena soal ujian sekolah berstandar nasional, yang dibuat musyawarah guru mata pelajaran se Tabalong, ternyata lebih sulit dibandingkan soal ujian nasional.

Sedangkan kepala SMP Negeri 2 Tanjung, Sopaidi, mengaku optimis, 152 siswa kelas sembilannya dapat lulus. Karena sekolahnya menerapkan kriteria ketuntasan minimal atau KKM dengan nilai 70.

Sementara nilai ujian nasional tidak lagi menentukan kelulusan. Melainkan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan dasar pemetaan, dalam menentukan kebutuhan sekolah di setiap daerah.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: