Upaya Peningkatan Kesejahteraan Difokuskan Di 2020

TVTABALONG.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mencatat beberapa isu yang tengah dihadapi Tabalong. Salah satunya seperti angka kemiskinan Tabalong yang mencapai 6,09%, atau sekitar sekitar 15.004 jiwa. Angka in dinilai masih tinggi jika dibandingkan dengan Kalsel sebesar 4,7%.

Selain angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi juga menjadi isu strategis yang tak luput dari perhatian Bappeda.

Pertumbuhan ekonomi Tabalong masih dianggap belum maksimal, karena masih berada di angka 3,8 persen di tahun 2017. Padahal dalam Rakortek Provinsi Kalsel, kabupaten Tabalong dipatok dengan angka pertumbuhan ekonomi 5,70 persen.

Hal tersebut disebabkan karena Tabalong masih mengandalkan kontribusi besar dari sektor pertambangan penggalian. Sehingga membuat ketergantungan yang tinggi bagi pertumbuhan ekonomi.

Kepala Bappeda Tabalong, Mahdi Noor mengatakan, program kerja SKPD diwajibkan menjamah masyarakat miskin, terutama di sektor ekonomi. Sehingga dapat bersinergi dengan visi misi Tabalong 5 tahun ke depan, yang disusun dalam RPJMD.

“supaya tingkat efektifitasnya tinggi maka pemerintah harus lakukan dulu identifikasi skill yang masyarakat miliki dalam rangka meningkatkan efektifitas supaya jangan salah arah” jelas Mahdi

Upaya menurunkan angka kemiskinan ini difokuskan di tahun 2020, yang tetuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2010. Dimana dalam RKPD 2020, pemerintah daerah menitikberatkan tugas dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: