Uji Publik Tahap 2 Penyusunan KLHS, 38 Indikator Belum Penuhi Target

TVTABALONG.COM – Tenaga ahli Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024, dari Universitas Lambung Mangkurat, melakukan uji publik tahap 2, untuk  analisis kajian data terkait indikator-indikator KLHS di Aula Penghulu Rasyid, Selasa (12/3/2019)

KLHS menjadi syarat untuk menyusun RPJMD tahun 2019-2024. Hal ini sudah diatur dalam Permendagri Nomor 7 tahun 2018, yang mana setiap RPJMD yang disusun oleh pemerintah daerah wajib memenuhi KLHS. Kajian ini menjadi syarat sebelum RPJMD di Perda.

Tenaga ahli KLHS RPJMD, Syarifudin mengatakan, dari Permendagri tersebut, pemerintah kabupaten kota harus memenuhi 220 indikator. Berdasarkan indikator tersebut, tenaga ahli KLHS melakukan analisis kajian data, dan di kabupaten Tabalong terdapat 38 indikator yang belum memenuhi target.

jadi berdasarkan Permendagri nomor 7 tahun 2018 itu, kabupaten kota harus melihat 220 indikator.” terang Syarifudin

“Melihat dari data-data yang masuk, lalu kita melakukan analisis kajian data dan Alhamdulillah dari situ kita sudah melihat ada beberapa indikator yang belum mencapai target, ada 38 yang belum mencapai target dan itu yang harus kita kaji” lanjutnya

Selaku Leading Sector penyusun KLHS, Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, pihaknya menargetkan KLHS RPJMD dapat selesai sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan pada 17 Maret mendatang.

target KLHS ini kami bisa mencapai target sesuai dengan yang diharapkan sebelum bupati di lantik, untuk KLHS RPJMD ini sudah bisa kita selesaikan” kata Kepala Dinas LH Tabalong, Rowi Rawatianice

“puncaknya nanti pada hari Jum’at tanggal 15 Maret 2019 itu akan dilakukan validasi oleh LH  provinsi, hasil validasi nanti lah jadi kunci bahwa kita sudah menyelesaikan semua itu” imbuh Rowi

Dalam kegiatan ini, tim pembahas menandatangani dan menyepakati skenario rekomendasi yang akan menjadi pertimbangan penyusunan RPJMD.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: