Home DPRD TPA Bongkang Akan Buka Penampungan Zona Landfill 2

TPA Bongkang Akan Buka Penampungan Zona Landfill 2

by tabalong hari ini
0 comment

Jajaran Komisi 3 DPRD Tabalong Meninjau Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Desa Bongkang, Kecamatan Haruai, Rabu, 24 Mei 2023 tadi. Kunjungan dilakukan guna memastikan kesiapan rencana lokasi perluasan landfill atau tempat pembuangan akhir sampah.

Tinjauan ini dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Supoyo, didampingi sejumlah anggota Komisi III DPRD dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Peninjauan dilakukan di lokasi rencana zona landfill atau TPA kedua di kawasan TPA Bongkang seluas 1,5 hektar.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tabalong, Muhammad Ramadani, menjelaskan dibukanya landfill kedua ini dilakukan lantaran landfill 1 telah mengalami kelebihan kapasitas.

Lebih lanjut, Ramadani menjelaskan bahwa pihaknya telah melengkapi dokumen yang dipersyaratkan Kementerian PUPR untuk pembukaan landfill tersebut, seperti penyusunan lahan, detail engineering design, dokumen lingkungan, dan biaya operasional TPA.

“Jadi, untuk zona 2 itu nanti dibangun oleh pemerintah pusat melalui dana APBN. Berdasarkan perencanaan (detail engineering design), itu adalah sekitar 1 setengah hektare, dengan umur maksimal sekitar 8 tahun,” ujar M. Ramadani, Kabid Pengelolaan Sampah & Limbah B3 DLH Tabalong.

Sementara itu, Ketua Komisi 3 DPRD Tabalong, Supoyo, berharap Kementerian PUPR segera merealisasikan rencana pembukaan zona landfill kedua ini. Hal ini guna menghindari berlanjutnya kelebihan kapasitas penampungan sampah di zona landfill 1.

“Karena dari pihak DLH kabupaten sudah mempersiapkan untuk lahan, sudah mempersiapkan untuk detail engineering design, sudah mempersiapkan dokumen lelang, untuk biaya operasional TPA, itu kewajiban sudah terpenuhi. Kemudian kami mengharap kepada pihak Kementerian, dalam hal ini Cipta Karya, supaya untuk infrastruktur zona landfill 2 itu secepatnya bisa diakomodir, sehingga tidak terjadi di zona landfill 1 terjadi overload kaitan masalah sampah,” ujar Supoyo, Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Peringatan Maulid Agung Ke-2 Majelis Ta'lim Nurunnubuwwah Sukses Hadirkan Ratusan Ribu Jamaah Dari Berbagai Daerah

Rencananya Komisi 3 bersama DLH Tabalong akan secepatnya melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Cipta Karya dan BPPW Kalimantan Selatan untuk menyerahkan dokumen tersebut, sehingga pembukaan zona landfill 2 dapat secepatnya terealisasikan.

Diketahui, berdasarkan pengukuran yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong sepanjang tahun 2022, sampah yang ditangani untuk diangkut ke tempat pembuangan akhir TPA Bongkang sebanyak 26.798,3 ton.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment