Tips Budidaya Tanaman Buah Melalui Metode Tabulampot

by tabalong hari ini
0 comment

Tanaman buah biasanya memiliki postur yang tinggi dengan perakaran dalam, tanaman buah juga membutuhkan ruang tumbuh yang cukup luas. Hal ini tentunya menjadi kendala bagi pecinta budidaya tanaman buah di daerah perkotaan, karena umumnya wilayah perkotaan minim lahan kosong.

Pembudidaya Tabulampot, Muardi memberikan beberapa tips bagi pecinta tanaman buah yang ingin membudidayakan tanaman buah dengan metode Tabulampot. Pertama pilihlah jenis tanaman buah yang sesuai dengan keadaan iklim lingkungan sekitar yang cocok ditanam untuk di dataran tinggi atau dataran rendah.

Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, sekam, dan kompos dengan komposisi yang sama. Dan usahakan media tanamnya jangan diisi terlalu penuh, agar tanaman bisa berbuah dengan cepat.

“Kalau menanam di planter bag ini medianya jangan terlalu full, paling tidak setengah isi, nah seperti yang ada inikan setengah setengah semua, tidak full tidak padat, tanahnya tidak sampai penuh, nah itu memicu dia cepat, tua batangnya cepat berbuah,” tuturnya.

Selain itu lakukan penyiraman secara rutin setiap harinya pada pagi hari atau pun sore hari. Selain disiram lakukan pemangkasan tanaman sesuai bentuk, untuk mengatur postur tanaman agar seluruh bagiannya terkena sinar matahari.

Pemupukan pun harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Untuk jenis pupuk, Tabulampot bisa menggunakan pupuk organik. Jangan lupa untuk menghilangkan hama agar pertumbuhan tanaman dapat lebih optimal.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment