Tingkatkan Produksi Minyak, PT. Pertamina Mulai Uji Coba Metode Injeksi Polymer

TVTABALONG.COM – Setelah resmi melakukan launching Tanjung Polymer Field Trial, pada 20 Desember, PT Pertamina EP Asset 5 Tabalong, mulai lakukan tahap uji coba produksi minyak dengan menggunakan metode injeksi polymer.

Metode Polymer bisa dikatakan sebagai salah satu metode, yang terbukti dapat meningkatkan perolehan minyak dan telah diterapkan lebih dari 50 negara.

Sedangkan metode perolehan minyak yang bernama Enchaced Oil Recovery, umumnya diterapkan pada lapangan minyak yang telah lama beroperasi.

Baca Juga : PT Pertamina Luncurkan “Tanjung Polymer Field Trial”

Larutan polymer yang berfungsi sebagai pengental akan bercampur dengan air yang dipompa, sehingga larutan tersebut lebih efektif mendorong minyak ke sumur produksi, dibanding dengan dorongan air saja.  

Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf menjamin metode injeksi polymer ramah lingkungan, karena memiliki bahan dasar yang tidak berbahaya, dan dapat terurai.

Selain ramah lingkungan, metode injeksi polymer dapat dinilai dapat menambah produksi minyak karena dorongan dari pompa akan lebih kuat. Diperkirakan dampak peningkatan akan bisa dirasakan tahun 2021 mendatang.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: