Home / Pemilu 2019 / Tim Gabungan Pantau Pemasangan APK

Tim Gabungan Pantau Pemasangan APK

TVTABALONG.COM – Badan Pengawas Pemilu Tabalong, yang dikoordinasi oleh Kesatuan Bangsa dan Politik, melakukan penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) di sepanjang jalan di daerah Tanjung maupun Murung Pudak.

Penertiban melibatkan TNI, kepolisian, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan, yang serentak dilaksanakan tiap kabupaten di Kalimantan Selatan, pada 30 Januari lalu.

Kepala Kesbangpol Tabalong, Rahmadi Amir mengatakan, dari hasil pemantauan untuk wilayah Tanjung dan Murung Pudak, pihaknya tidak menemukan ada APK yang melanggar aturan.

Umumnya APK yang dipasang sudah sesuai aturan, baik dari segi ukuran maupun tempat pemasangan.

Alat Peraga Kampanye, telah diatur oleh Komisi Pemilihan Umum. Diantaranya mengenai pembatasan jumlah APK, lokasi peletakan, volume atau besaran, maupun jumlah.

Dalam aturan KPU, APK dilarang dipasang di jalan protokol, fasilitas umum, tempat ibadah, tempat pendidikan, kantor pemerintah, serta di pohon. Selain itu, APK yang dipasang di rumah rumah warga, harus atas izin pemilik rumah.

Warga atau tim pendukung yang memasang APK tidak sesuai aturan akan diberi teguran. Jika teguran tidak diindahkan, maka APK akan dicabut oleh Bawaslu maupun Satpol PP.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Purnamasari

Check Also

200 Personil Amankan Rapat Pleno Kabupaten

TVTABALONG.COM – Guna memastikan kelancaran penyelenggaraan rapat pleno rekapitulasi dan penetepan penghitungan suara tingkat kabupaten, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: