Home / Tabalong Hari Ini / PKK Tabalong / Tekan Angka Kemiskinan, Pemdes Habau Gencar Kembangkan Produk Unggulan Desa

Tekan Angka Kemiskinan, Pemdes Habau Gencar Kembangkan Produk Unggulan Desa

TVTABALONG.COM – Inilah produk unggulan Desa Habau Kecamatan Banua Lawas, yang ditampilkan pada saat pembinaan Desa P2WKSS, oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel dan DPPPA Kalsel pada 24 April 2019. Tim Penggerak PKK Desa Habau Memamerkan berbagai produk lokal unggulan, mulai dari produk kerajinan tangan, hingga produk kuliner.

Camat Banua Lawas, Zainuddin mengakui, sejumlah produk seperti kerajinan purun dan kolang-kaling, menjadi produk unggulan yang saat ini banyak diproduksi dan diperjual belikan warganya. Zainuddin mengharapkan, kedua jenis produk unggulan Desa Habau ini dapat mendongkrak perekonomian keluarga.

”produksi yang saat ini sudah banyak dijual masyarakat yang pertama topi purun. Karena bahan bakunya banyak di sini, tikar dan bakul purun juga ada” jelas Zainuddin

“kemudian ada kolang-kaling, disini ada beberapa warga yang membuatnya”

Mengenali potensi desa, dinilai menjadi kunci utama untuk mengurangi angka kemiskinan, terutama dengan memberdayakan kaum perempuan. 

Kepala bidang kualitas hidup perempuan dan keluarga DPPPA Kalsel, Titik Haryanti, mengatakan, potensi produk lokal desa dapat membantu meningkatkan keluarga. Baik dari segi pendidikan, kesehatan,  maupun ekonomi.

“untuk meningkatkan peran perempuan, meningkatkan kesejahteraannya” kata Titik

 “jadi ada di bidang-bidang, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, supaya bisa mengangkat perekonomian yang dimulai dari keluarga, lingkungan, kemudian masyarakat Desa Habau”

Dengan pengembangan produk unggulan desa tersebut, pihak pemerintah setempat berharap dapat menekan angka kemiskinan di Desa Habau. Pasalnya, lebih dari 200 jiwa warga Desa Habau, merupakan sasaran penerima bantuan sosial.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Check Also

23 Rumah Tidak Layak Huni Di Desa Habau Diperbaiki, Warga Merasa Bersyukur

TVTABALONG.COM – Sebanyak 23 rumah di Desa Habau Kecamatan Banua Lawas, mendapat bantuan proyek stimulan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: