Home / Nasional / Tekad 6 pelajar pecahkan rekor ekspedisi kayak di Danau Toba

Tekad 6 pelajar pecahkan rekor ekspedisi kayak di Danau Toba

Medan – Para pelajar dari organisasi Siswa Pecinta Alam Udara Rimba dan Laut, atau Ural SMA Negeri 28 Jakarta, bertekad untuk memecahkan rekor Muri  Sebagai pelajar pertama yang melakukan ekspedisi kayak, dengan mengelilingi Danau Toba, Sumatera Utara, dengan total rute perjalanan 135 kilometer.

Berbagai persiapan ekstra telah dilakukan, sejak mereka memulai kegiatan bertajuk ‘Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2′, pada 2 juli, hingga berakhir pada 9 juli. Di mana pada 8 juli, enam pelajar, yang terdiri dari empat laki-laki dan dua perempuan itu, memulai perjalanan dari kawasan batu hoda,  menuju kawasan Tuk-Tuk, melewati kawasan Perairan Ambarita yang seluruhnya berada di kawasan Pulau Samosir.

Selama ekspedisi, mereka mengaku tidak mengalami hambatan berarti. Selain kondisi angin dan gelombang di perairan Danau Toba, yang terkadang cepat berubah. Namun, tekad mereka, selain untuk memecahkan rekor, juga ikut mempromosikan keindahan Danau Toba, sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, mengalahkan semua hambatan tersebut.

“danau toba mengalami ponurunan pariwisata sejak ada permasalahan kecelakaan dari KM sinar Bangun. Kami ingin bahwa Danau Toba ini aman dengan kami berhasil mengelilingi danau toba meskipun hanya menggunakan kayak” jelas Ketua Tim Ekspedisi Kayak Pelajar, Arghi

“kita ingin menggalakan sport tourism, karena Danau Toba ini adalah lokasi yang saya pikir cukup baik untuk sport tourism. Tahun lalu kita bikin ada beberapa acara sepeda, ada juga lari. Tahun ini kayak ini salah satu yang cukup baik” kata Direktur Utama BPODT, Arie Prasetyo

Ekspedisi kayak yang dimulai dari kawasan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, dengan melewati 5 rute ini diharapkan tidak sekadar menjadi pemecah rekor Muri. Memperkenalkan kayak sebagai olahraga petualang alternatif kepada generasi muda. Mengingat secara geografis, dua per tiga wilayah Indonesia adalah air.

Sumber : Medan/Sumatera Utara /Donny Aditra/Kantor Berita Antara

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: