Taukah Anda Dampak Buruk Konsumsi Buah Secara Berlebihan??

TVTABALONG.COM – Tabalong tahun ini kebanjiran buah lokal. Berbagai jenis buah lokal yang sifatnya musiman, seperti rambutan, langsat, manggis, hingga durian banyak diperjualbelikan. Karena sifatnya musiman atau setahun sekali, banyak yang mengkonsumsinya secara berlebihan.

Meski buah baik bagi kesehatan tubuh, namun saat dikonsumsi secara berlebihan, berpotensi menimbulkan reaksi buruk oleh tubuh.

Baca Juga : Konsumsi Rambutan Sebabkan Batuk?? Ini Penjelasan Medisnya

Seperti yang dijelaskan Kepala UPT Puskesmas Murung Pudak, dr. Agus. Tubuh dapat memberikan respon negatif, ketika kita mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan, termasuk buah-buahan.

“Pada intinya, setiap konsumsi buah itu baik” jelas dr.Agus

“Tetapi karena beberapa kondisi, entah itu karena kebanyakan, entah karena kulit biji rambutan yang ikut masuk ke tubuh sehingga menimbulkan luka, rangsangan hingga menimbulkan batuk, atau karena terlalu manis juga dapat sebabkan batuk” terangnya lagi.

“Pada saat perut kosong, makan buah terlalu banyak bisa timbulkan gejala maag”

Dokter Agus juga menampik mitos yang beredar bahwa kebanyakan makan rambutan bisa sebabkan batuk

“saya rasa mitos aja kalau kebanyakan makan rambutan bisa batuk”  ucap dr.Agus

“ada penyebab yang memang terkait dengan reflek batuk, seperti yang saya sebutkan tadi” jelas Kepala UPT Puskesmas Murung Pudak tersebut.

Dokter Agus menambahkan, respon tubuh yang diterima setiap individu beragam. Mulai dari batuk, bersin, muntah, infeksi dan reaksi lainnya. Dari pandangan medis, reaksi ini bukanlah kategori penyakit, melainkan reaksi respon tubuh.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: