Tarif Bagasi Diberlakukan, Jasa Travel Terpaksa Sesuaikan Biaya Pemesanan Tiket

TVTABALONG.COM – Maskapai Lion Air dan Wings Air merubah kebijakannya dengan memberlakukan tarif untuk penggunaan bagasi. Aturan ini diberlakukan oleh kedua badan usaha penerbangan tersebut untuk pembelian tiket pesawat yang berlaku mulai 22 Januari 2019 mendatang.

Kedua maskapai tersebut dapat mengenakan biaya untuk penggunaan bagasi lantaran keduanya masuk dalam kategori kelompok pelayanan standar minimum alias kelompok pelayanan berbasis biaya rendah.

Hal tersebut sesuai dengan Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 185 tahun 2015, tentang standar pelayanan penumpang kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Salah satu pengusaha agen perjalanan di Tabalong, Adi Saputra, mengatakan, sebelumnya maskapai Lion dan Wings Air, telah otomatis menanggung bagasi saat pemesanan tiket pesawat. Akan tetapi tanggal 22 Januari mendatang penanggungan bagasi akan dihilangkan dan dikenakan tarif. 

Adi menambahkan, belum mengetahui dan masih menunggu besaran tarif bagasi per kilogram, yang akan dikenakan maskapai Lion dan Wings Air pada penumpang.

Maskapai Lion dan Wings Air sebelumnya memberikan jatah bagasi dengan berat maksimal 20 kilogram per penumpang. Untuk saat ini, apabila barang bawaan banyak dan tidak bisa dibawa ke cabin pesawat, maka dikenakan tarif bagasi.

Reporter : Muhammad Syarif | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: