Targetkan Raih Kota Layak Anak Tingkat Nindya di 2019

TVTABALONG.COM – 2 tahun berturut-turut, Kabupaten Tabalong berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Tahun 2017, Tabalong meraih penghargaan KLA di tingkat pratama, dan tahun 2018 Tabalong berhasil meraih predikat sebagai kabupaten tingkat madya. Tahun ini pemerintah daerah kembali berupaya meraih penghargaan KLA, dengan tingkatan yang lebih tinggi yaitu Nindya.

Tidak hanya mempersiapkan kondisi fisik untuk menujang KLA, namun Pemkab juga  tengah mempersiapkan bahan penilaian yang bersifat non fisik. Salah satunya dengan menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang kabupaten layak anak, sehingga dapat diperdakan.

Salah satu fungsi dari dokumen kebijakan ini dapat menjadi bahan penilaian oleh kementerian. Karena kebijakan dalam bentuk perda memiliki penilaian sebesar 30 poin. Sedangkan dalam bentuk raperda hanya bernilai 5 poin.

Kepala bidang perlindungan perempuan dan anak, DP3AP2KB, Selviati, mengatakan, isi Raperda yang tengah digodok menjadi perda mencakup tentang perlindungan dan pemenuhan hak anak.

secara umum semuanya mencakup tentang perlindungan dan pemenuhan hak anak.” Kata Selviati

“Disitu ada beberapa klaster diantaranya adalah tentang kelembagaan, kemudian ada 5 klaster yang mencakup antara lain, pendidikan kemudian kesehatan dasar, perlindungan khusus kemudian tentang kecamatan, desa, kelurahan layak anak” jelas Selvi lagi

Selviati juga meminta dukungan para SKPD terkait, untuk memberikan data yang akurat tentang penilaian KLA nantinya. Sehingga SKPD memberikan data, sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Sherly Nova Arianti |Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: