Tanjung Peringkat 9 Deflasi Se Kalimantan

TVTABALONG.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tabalong mencatat, bulan Februari 2019 Kota Tanjung mengalami deflasi sebesar 0,67 persen. Hal ini pun menyebabkan Kota Tanjung menjadi kota dengan peringkat terakhir atau peringkat ke 9, dari 9 kota di Kalimantan yang menjadi kota perhitungan inflasi.

Perhitungan ini berdasarkan atas Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Tanjung pada bulan Februari 2019, yang berada diangka 134,03 persen. Selain itu laju year on year Tanjung berada di angka 2,45 persen.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (11/3/2019), kepala Badan Pusat Statistik Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto mengatakan, meski Kota Tanjung berada di peringkat ke 9, namun hal tersebut bukan penentu kondisi perekonomian Tabalong.

 “karena kalau kita lihat bulan perbulan itu sebenarnya kita belum bisa menyimpulkan kondisi perekonomian karena ini akan terakumulasi selama satu tahun nanti” jelas Tri Agus

Di bulan Februari 2019, dari 9 kota IHK di wilayah Pulau Kalimantan, ada 4 kota yang mengalami inflasi, dan inflasi tertinggi terjadi di kota Pontianak, sedangkan inflasi terendah terjadi di kota Palangkaraya.

Selain itu ada 5 kota yang mengalami deflasi, deflasi tertinggi di Kota Tanjung dan deflasi terendah di Kota Tarakan.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: