Home Editor's Picks Tahun 2022, PKH dan BPNT Sasar 10.068 KPM

Tahun 2022, PKH dan BPNT Sasar 10.068 KPM

by tabalong hari ini
0 comment

Selain menyalurkan bantuan yang bersumber dari APBD Tahun 2022, Dinas Sosial Tabalong juga telah menyalurkan sejumlah bantuan yang bersumber dari APBN. Terdapat 2 program yang disalurkan melalui APBN, yaitu program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

Di Tahun 2022 total sebanyak 10.068 keluarga penerima manfaat atau KPM di Tabalong mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Bantuan tersebut terdiri dari, bantuan PKH dan BPNT yang ditujukan bagi 5.827 KPM, bantuan BPNT murni bagi 4.241 KPM dan BPNT sebanyak 660 KPM.

Saat dikonfirmasi kamis 9 Februari 2023, Kepala Dinas Sosial Tabalong Abu Bakar Siddiq menjelaskan, bantuan tersebut ditujukan bagi keluarga pra sejahtera di Tabalong, yang mana PKH ditujukan bagi keluarga yang terdapat ibu menyusui dan balita, lansia dan anak sekolah dengan nilai bantuan yang bervariasi.

Sedangkan BPNT diberikan kepada keluarga pra sejahtera dengan nilai bantuan 200 ribu rupiah per bulan yang hanya bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok sesuai Juknis Kemensos melalui E-Warong.

“Kegiatan yang bersumber dari APBN ini pemerintah pusat memberikan kesempatan kepada KPM kita sebanyak 10.068 KPM, yang terbagi kedalam 2 program yang pertama program keluarga harapan (PKH) ini yang menerima bantuan sebanyak 5.827, kemudian mereka ini juga otomatis menerima bantuan BPNT dimana kalau kita lihat dengan bantuan BPNT bahwa jumlah penerima BPNT ini sebesar 9.408 KPM, kita tambahkan dengan 660 KPM yang tidak menerima BPNT maka KPM yang menerima bantuan baik PKH maupun BPNT sebanyak 10.068 KPM,” jelasnya.

Baca Juga  Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Anang Minta ASN Pacu Kinerja

Abu Bakar menambahkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan dan memastikan keberlanjutan bantuan dari pemerintah pusat ini, agar keluarga pra sejahtera di Tabalong semakin berkurang.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment