Tabalong Sukses Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk

TVTABALONG.COM – Kabupaten Tabalong dinilai sukses menekan laju pertumbuhan penduduk. Hal tersebut berdasarkan angka laju pertumbuhan penduduk Tabalong, yang mengalami penurunan dalam 7 tahun terakhir.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), tahun 2010, laju pertumbuhan penduduk Tabalong berada di angka 1,77 persen. Sedangkan di tahun 2017 menurun jadi 1,49 persen.

Baca Juga : Bupati Anang Dapat Penghargaan Satyalencana Pembangunan Bidang Kependudukan

Pelaksanan Tugas Kepala DP3AP2KB Sarjono mengatakan, angka pertumbuhan penduduk Tabalong bahkan lebih rendah dari Provinsi Kalimantan Selatan dan nasional.

“dari pengaturan kelahiran itu bisa kita lihat dari pertumbuhan penduduk” kata Sarjono

sekarang kita sudah ada di posisi 1,42 persen. Lebih baik dari provinsi dan nasional yang masih di atas 2 persen”

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, dalam pemaparannya pada ekspose usulan Satyalencana pembangunan, 8 April lalu juga menyampaikan, bahwa pemerintah daerah gencar mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Salah satunya melalui program keluarga berencana.

 “saya melihat bagaimana kita mengendalikan tingkat kelahiran. Dan ini hanya bisa dilakukan melalui program KB.” papar Bupati Anang

“Kalau imigrasinya bisa dikendalikan melalui peningkatan keterampilan tenaga kerja lokal, kemudian tingkat  reversibilitas kita lakukan dengan program KB, maka insya Allah pertumbuhan penduduk bisa kita tekan”

Laju pertumbuhan penduduk Tabalong didukung dengan upaya pengaturan kelahiran yang dilakukan DP3AP2KB. Angka kelahiran atau fertility rate Tabalong tahun 2010 hingga 2015 adalah 2,6. Sejak tahun 2016 hingga sekarang menurun menjadi 2,4 anak perwanita.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: