Tabalong Segera Miliki Pasar Agribisnis, Lahan Seluas 2 ha Disiapkan Di Desa Kembang Kuning

Kepala Bidang Fasilitasi dan Sarana Distribusi Perdagangan Disperindag Tabalong, Meri Ria saat rapat kerja dengan DPRD Tabalong terkait rencana pembangunan Pasar Agribisnis

TVTABALONG.COM – Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, akan membangun pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai. Hal ini disampaikan Disperindag saat rapat kerja dengan Komisi 2 DPRD Kabupaten Tabalong, pada selasa 9 April 2019.

Pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas 2 hektar, dari pengadaan lahan tahun 2015 dan dilanjutkan pada tahun 2018. Dan tahun ini, pasar agribisnis tersebut sudah memasuki tahap proses perencanaan pembangunan fisik. Disperindag telah menggarkan dana APBD sebesar Rp 700 juta, untuk pembangunan pasar tersebut.

Kepala Bidang Fasilitasi dan Sarana Distribusi Perdagangan Disperindag Tabalong, Meri Ria mengatakan, pasar agribisnis akan menjadi tempat bagi para petani menjual hasil pertaniannya kepada para pengepul. Sehingga dapat menekan pergerakan para tengkulak.

“di pasar agribisnis ini kita merencanakan untuk membangun atau membuat sarana kepada  para petani sebagai produsen hasil-hasil pertanian secara luas, kita berikan fasilitas untuk menjual produknya langsung kepada para pengepul ditempat itu sehingga kita berharap posisi tawar dari petani dapat ditingkatkan jadi memutus rantai dari tengkulak” jelas Meri

Wakil ketua Komisi 2 DPRD Tabalong, Mursalin, mendukung penuh rencana pembangunan tersebut. Ia menilai Tabalong memerlukan pasar agribisnis, agar para petani memiliki tempat permanen untuk menjual  hasil pertaniannya.

“kalau kami melihat secara pribadi kondisi saat ini memang kita sangat membutuhkan pasar agribisnis dimana untuk menghimpun para petani supaya mereka tidak jauh lagi membawa hasil pertanian mereka dan juga tengkulak –tengkulak tidak bisa bermain” ujar Mursalin

Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, sengaja dipilih sebagai lokasi pembangunan agribisnis. Karena secara umum daerah utara khususnya Desa Kembang Kuning, menjadi sentra produksi agribisnis  atau produksi pertanian secara umum. Selain itu lokasinya berada di lintasan provinsi, sehingga memudahkan para pembeli.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: