Tabalong Kembali Raih Prestasi Tingkat Provinsi Kalsel

by tabalong hari ini
0 comment

Kabupaten Tabalong kembali menoreh prestasi di tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Dua penghargaan sekaligus diterima Tabalong dalam acara Bumdesa Expo Kalsel 2022, yang digelar pemerintah provinsi Kalsel di Banjarmasin pada 6 Agustus 2022.

Penghargaan pertama diberikan pada Bupati Tabalong sebagai pembina Bumdes terbaik tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Dan penghargaan kedua diterima Bumdes Bumi Maju Jaya Desa Padang Panjang, sebagai Bumdes terbaik Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2022.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menjelaskan, pembangunan desa di Tabalong memiliki sejarah panjang, sejak awal Tahun 2016 diluncurkannya Program Gerbang Emas, gerakan pembangunan menuju masyarakat sejahtera, di 12 desa percontohan, dengan alokasi dana 1 milyar setiap desa. Kemudian dilanjutkan dengan Undang-Undang desa yang juga turut menggelontorkan Dana untuk pembangunan desa. Melalui program gerbang emas, bupati menekankan agar setiap desa memiliki badan usaha milik desa.

“Kita menitik beratkan pada usaha2 yang bisa dilakukan desa melalui Bumdes dan sekarang usaha yang dijalankan Bumdes sangat bervariasi tetapi yang terus menerus kita tekankan adalah supaya satu desa memiliki satu Bumdesmart nah ini mungkin sudah berkembang 30 an ya dalam waktu dekat kita resmikan dan mudah-mudahan dengan upaya ini keinginan kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa bisa terwujud dengan baik,” tutur Anang Syakhfiani.

Bupati Anang menambahkan, penghargaan yang diterima dari pemerintah Provinsi Kalsel ini, tak terlepas dari penghargaan yang diterima pemerintah pusat. Pasalnya beberapa waktu lalu, Bupati Tabalong mendapatkan penghargaan sebagai pembina Bumdes, dari kementerian desa yang diserahkan Wakil Presiden RI. Kemudian Taman Wisata Menanti Laburan juga masuk dalam 6 besar se Indonesia sebagai promosi pariwisata nusantara.

(Dari Prokopim Setda, Untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment