Tabalong Kekurangan Guru Olahraga, Disdik Berharap Banyak Pada Seleksi CPNS

Kabupaten Tabalong kekurangan guru olahraga untuk tingkat sekolah dasar. Dari ratusan SD di Tabalong, hanya 50 persen yang memiliki guru olah raga. Terlebih tak satupun peserta seleksi CPNS untuk formasi guru olah raga, yang berhasil memenuhi nilai ambang batas CPNS 2018, sehingga diperkirakan akan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah.

TVTABALONG.COM – Menurut data Dinas Pendidikan, dari 220 sekolah dasar se kabupaten Tabalong, lebih dari 100 sekolah diantaranya, tidak memiliki guru olah raga.

Pasalnya selama 10 tahun terakhir, Dinas Pendidikan Tabalong tidak melakukan pengangkatan untuk guru olahraga.

Sementara itu, dalam 10 tahun terakhir ini banyak guru olahraga yang sudah pensiun, promosi menjadi kepala sekolah, dan ada juga yang dipromosikan menjadi struktural pemerintah daerah.

Sehingga menyebabkan banyak posisi guru olahraga yang kosong untuk tingkat SD.

Untuk CPNS 2018 sendiri, Tabalong mendapatkan alokasi formasi CPNS untuk guru olahraga sebanyak 25 posisi.

Baca Juga : 

Sayangnya dari hasil seleksi kompetensi dasar, tak ada satupun peserta seleksi yang lolos memenuhi nilai ambang batas, atau passing grade, untuk guru olah raga.

Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Akhmad Rizali Noor, mengatakan, kondisi ini dapat berpengaruh besar pada proses belajr mengajar, tertutama di bidang olahraga.

Ia berharap banyak, melalui Permenpan nomor 61 tahun 2018, dapat menjaring peserta seleksi CPNS tak tak lolos SKD, dapat terjaring ke seleksi kompetensi bidang, terutama untuk memenuhi 25 alokasi formasi CPNS untuk guru olahraga.

Penulis : Rulyandi Rahman
Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: