Tabalong Belum Terapkan Zonasi Sekolah Dasar

TVTABALONG.COM – Kendati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan aturan tentang sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru. Namun sistem tersebut justru belum dapat sepenuhnya diterapkan sekolah di Tabalong. Pasalnya, Dinas Pendidikan Tabalong menganggap, sekolah di Tabalong masih tergolong mudah dijangkau para peserta didik.

Hingga kini, Dinas Pendidikan Tabalong belum menerapkan  sistem zonasi seperti yang tertuang dalam pasal 15, 16 dan 17 Permendikbud tentang penerimaan peserta didik baru. Khususnya bagi tingkat sekolah dasar. Dimana salah satu ayat pada pasal tersebut menyebutkan, sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah, wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah, paling sedikit sebesar 90% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

Meski demikian, beberapa sekolah dasar di perkotaan, ada yang mulai menerapkan peraturan nomor 17 tahun 2017 ini, dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2018-2019.

Saat dikonfirmasi, kepala seksi kurikulum bidang pembinaan sekolah dasar Dinas Pendidikan Tabalong, Antung Hormansyah menjelaskan, pihaknya belum memberlakukan sistem zonasi bagi seluruh sekolah di Tabalong. Pasalnya, hampir seluruh sekolah dasar masih dapat dijangkau.

Dari data terakhir Dinas Pendidikan Tabalong mencatat, ada 25.719 siswa tingkat  sekolah dasar yang tersebar di 220 sekolah dasar dan 33 madrasah ibtidayah. Selain tingkat SD, Dinas Pendidikan Tabalong juga tidak menerapkan sistem zonasi untuk tingkat TK, SMP serta SLTA.

(M.Rais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: