Sungai Tabalong Tercemar Ringan

TVTABALONG.COM – Air Sungai Tabalong mengalami pencemaran dengan kategori ringan.

Berdasarkan capaian indeks kualitas air, air di Sungai Tabalong berada di angka 63,68, dari standar memenuhi baku mutu lebih dari 70. Data tersebut berdasarkan hasil penilitian DLH Tabalong tahun 2018, di beberapa titik sungai Tabalong.

Pencemaran sendiri diakibatkan oleh aktivitas masyarakat,baik dari proses industri rumahan, penambangan, hingga aktivitas buang air besar di sungai.

Hal tersebut disampaikan DLH Tabalong saat sosialisasi kualitas air sungai yang digelar Kamis, 6 Desember lalu.

Populer Dibaca : 

Kepala DLH Tabalong Rowi Rawatianice mengingatkan, meski tercemar ringan, air dari wajib dimasak sebelum diminum. Baik itu air sungai, maupun air dari PDAM. Pasalnya air tercemar tanpa dimasak, akan berbahaya dikonsumsi terus menerus.

Pencemaran bakteri e-coli di Sungai Tabalong sendiri, mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir.

Di bulan Maret dari 4 titik pengambilan sampel, 3 diantaranya tercemar bakteri e-coli di atas ambang batas baku mutu.

Sedangkan hasil penelitian di bulan Agustus, dari 4 titik tersebut, semuanya dinyatakan menurun bahkan hingga 90 persen lebih.

Baca Juga : 

Dari hasil tersebut, pejabat fungsional pengendali dampak LH madya DLH Provinsi Kalsel Asbiani, mengungkapkan, bahwa kualitas air di sungai mengalami peningkatan.

Hal tersebut diperkirakan Asbiani, merupakan dampak dari gencarnya pemerintah daerah bersama pihak swasta melancarkan kampanye open defecation free, atau bebas dari aktivitas buang air besar sembarangan.

Penulis : Normansyah | Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: