Stok Beras di Tabalong Surplus

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar apel gabungan perangkat daerah, pada 17 Oktober 2022, di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan. Pada kesempatan ini Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, diamanatkan sebagai petugas upacara.

Selaku pembina apel, Kepala DKPPTPH Tabalong, Mohamad Mugeni menyampaikan mengenai tupoksi kegiatan dan program di DKPPTPH Tabalong, salah satunya yakni mengenai ketahanan pangan. 

Mugeni menyampaikan, sektor ketahanan pangan terutama beras merupakan urusan wajib seluruh pemerintah kabupaten, kota bahkan provinsi, agar dapat selalu tersedia. Mugeni menyampaikan, untuk ketersediaan pangan terutama beras di Tabalong dari tahun ke tahun selalu mengalami surplus, pasalnya Tabalong memiliki potensi yang cukup besar.

“Alhamdulillah disektor tanaman pangan khusus nya padi tabalong mempunyai potensi yang cukup besar dan alhamdulillah diberi allah taala 3 wilayah ketersediaan pangan khusus nya beras. Ada 4 lokasi yang bisa berjalan berurutan setiap tahun sehingga cadangan beras untuk tabalong dari tahun ke tahun selalu surplus,” tuturnya.

Mugeni mengatakan, surplusnya ketersediaan beras di tabalong, berkat petani di semua wilayah Tabalong yang terus melakukan tanam padi tiap tahun nya, dengan memanfaatkan beberapa lahan sawah, seperti sawah tegalan,  sawah tadah hujan, sawah irigasi, dan jenis sawah lainnya.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment