Silaturrahmi Ikatan Keluarga Bona Bulu Kalimantan Selatan


TVTABALONG.COM – Ratusan suku Batak Muslim yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Bona Bulu Kalimantan Selatan biasa menggelar acara silaturrahmi rutin setiap tahunnya. Di tahun 2018, acara tersebut terpusat di Tabalong tepatnya di Pendopo Bersinar Pembataan minggu tadi.

Keberadaan suku pendatang saat ini bukan menjadi hal yang meresahkan atau menjadi hal yang aneh disuatu daerah. Keberadaan lawan suku yang memilih menetap di suatu daerah tidak menjadi hal  sulit bagi sejumlah daerah.

Di kabupaten Tabalong saat ini, warga yang bermukim tidak hanya warga asli Tabalong saja, namun juga banyak dari warga pendatang seperti, Jawa, Batak, Madura dan suku lainyya.

Saat dikonfirmasi di tengah kegiatan pertemuan Ikatan Keluarga Bona Bulu Sekalimantan Selatan pada minggu kemarin di Pendopo Besinar, ketua panitia, Erfin Nirza Siregar sekaligus warga pendatang asal Sumatera Utara  ini mengaku sudah bermukim tetap di Tabalong sejak tahun 1987 silam.

Disamping itu hal senada pun diungkapkan oleh warga pendatang asal Sumatra Utara, Rosnelina Nababan, yang saat ini sudah menetap di kota Banjarmasin sejak 21 tahun silam. Rosnelina mengatakan dirinya sudah menganggap tanah Kalimantan sebagai tempat penghidupan dan sumber pencaharian dirinya dan keluarga.

Acara rutin tahunan Ikatan Keluarga Bona Bulu Kalimantan selatan ini dihadiri sebanyak 350 orang suku Batak muslim  yang sudah menjadi warga tetap Kalimantan Selatan. Setiap bulan dan tahun mereka selalu aktif bertemu dan berdiskusi menjalin ikatan keluarga antar sesama suku.

(Purnamasari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: