Seniman Luar Kalimantan Meriahkan Festival Dayak Deah 2022

by tabalong hari ini
0 comment

Tidak pernah terpikirkan bisa berada di pedalaman Dayak Deah, 2 seniman Suku Mandar, Asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyempatkan diri untuk hadir dalam Festival Budaya Dayak Deah Tahun 2022. Mereka adalah Sahabudin Mahganda dan Ulfi Mahendra, yang menyaksikan secara langsung berbagai kesenian pada Festival Budaya Dayak Deah 2022.

Mereka menyempatkan diri untuk hadir dalam Festival Budaya Dayak Deah Tahun 2022, setelah mendapat undangan dari panitia melalui event di Jakarta beberapa waktu lalu. Mereka hadir dengan menggunakan dana pribadi, dan sebagian dana dinas terkait di daerah asal mereka.

2 seniman ini juga diberikan kesempatan oleh panitia pelaksana, untuk menampilkan kesenian alat musik Calong, asal Sulawesi barat, yang ditampilkan pada malam konser suara dari pedalaman. Menurut mereka, kegiatan festival ini, memiliki keistimewaan tersendiri.

“Tidak pernah bermimpi sama sekali kalau kita mau ke kalimantan, apalagi masuk ke pedalaman, salah satu pedalaman kalimantan ini di Dayak Deah, Dayak Deah itu seringkali kita temukan di beberapa medsos, atau di beberapa booklate yang disebar pemerintah, dan saya masuk disini betul-betul melihat ada satu perbedaan, Deah itu adalah sebuah tempat yang berpenghuni tapi beradat, berkebudayaan, saling menghargai satu sama lain, yang paling bagus saya lihat adalah seluruh masyarakat nya disni sangat ramah,” ungkap Sahabuddin Mahganna, Seniman Calong asal Sulawesi Barat.

Tidak hanya 2 seniman asal Sulawesi Barat, seniman Madihin asal kota Banjarmasin, Ferdi Irawan, juga turut menyaksikan pagelaran budaya Dayak Deah ini. Mahasiswa yang pernah menampilkan kesenian Madihin di Wellington Selandia Baru ini, menilai, kesenian budaya Dayak Deah ini memiliki arti mendalam. Ia pun berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih meriah lagi, dengan konsep yang lebih matang.

“Harapannya kedepannya harus lebih besar lagi acaranya, tapi bukan semata mata acaranya besar, tapi juga terkonsep dengan baik, yang pastinya untuk bisa mensejahterakan masyarakat yang ada disekitar sini, karena kalau orang banyak datang kan ke Desa Deah ini, perputaran roda ekonomi nya semakin tinggi, tapi yang bisa saya garis bawahi adalah tahun ini keren banget acaranya, dilihat juga kaya orang orang jualan mau habis semua, saya bangga banget,” kata Ferdi.

Para seniman ini mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat Dayak Deah yang sudah memberikan suguhan luar biasa. Mereka pun berencana akan kembali hadir dalam event-event selanjutnya saat memiliki kesempatan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment