Seleksi Panwas Desa, Kelurahan di 8 Kecamatan Diperpanjang 24 Hingga 26 Januari 2023

by tabalong hari ini
0 comment

Meski telah berakhir pada 19 Januari 2023, pendaftaran pengawas desa dan kelurahan di 8 kecamatan yang ada di Tabalong resmi diperpanjang Bawaslu. Perpanjangan ini dilakukan lantaran masih belum terpenuhinya syarat dalam Juknis rekrutmen pengawas desa dan kelurahan yang dikeluarkan Bawaslu.

Terdapat 28 Desa, Kelurahan yang ada di 8 kecamatan yang dilakukan perpanjangan masa pendaftaran , yakni di Kecamatan Muara Uya, Haruai, Murung Pudak, Bintang Ara, Tanta, Tanjung, Banua Lawas dan Kelua.

Saat dikonfirmasi Jumat 20 Januari 2023 Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan menjelaskan kurangnya pelamar dan minimnya keterwakilan perempuan di wilayah tersebut menjadi sebab diperpanjang nya pendaftaran.

Pasalnya sesuai Juknis yang di tetapkan Bawaslu RI, tahapan seleksi tersebut sekurang-kurangnya di ikuti oleh dua kali lipat dari peserta yang di perlukan, dan wajib memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 30%.

“Kalau dilihat dari Juknis itu memang itu harus mencari dua kali lipat dari yang kita perlukan, ini dari beberapa desa laporan, ada yang sudah melebihi dua kali lipat tetapi belum ada keterwakilan perempuan maka itu kita adakan perpanjangan khusus untuk perempuan aja” tuturnya.

Hirsan menambahkan, untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mengikuti rekrutmen pengawas desa dan kelurahan, pihaknya telah melakukan atensi khusus kepada Panwas Kecamatan setempat, untuk melakukan jemput bola kepada masyarakat.

Berdasarkan data Bawaslu Tabalong, desa dan kelurahan yang ada di 4 kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Jaro, Muara Uya, Banua Lawas, Pugaan dan Muara Harus telah merampungkan proses pendaftaran dan dinilai telah memenuhi syarat sesuai Juknis Bawaslu . Yang mana para pelamar di wilayah tersebut akan melanjutkan tahapan mulai dari perbaikan berkas, sampai dengan pengumuman pada 23 Januari 2023.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment