Selain Miliki Kualitaz Gizi Yang Lengkap, Begini Manfaat Penting Asi Untuk Anak

TVTABALONG.COM – Pemilihan asi sebagai asupan pertama bayi, menjadi salah satu arahan yang saat ini tengah digencarkan Dinas Kesehatan. Karena selain memiliki kualitas gizi yang lengkap, asi juga bermanfaat untuk menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak.

Kandungan protein penting pada asi yaitu whey dan Kasein. Asi sendiri memiliki kandungan whey yang lebih tinggi dibanding susu formula. Sementara untuk kandungan kaseinnya lebih rendah jika dibandingkan pada susu formula.

Selain itu kandungan lainnya yang terdapat pada asi adalah air. Dimana terdapat 87,5% air pada asi. oleh karena itu, pada masa pemberian asi eksklusif  selama enam bulan, bayi tidak perlu diberi minuman maupun makanan lain.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Rapolo Manik mengatakan, kandungan protein dan asupan gizi lainnya, pada asi, sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, pemberian asi secara eksklusif juga akan membentuk kedekatan emosional ibu dan bayi.

Disamping itu keuntungan lainnya yang ada pada asi yaitu, memilki zat-zat gizi yang lengkap seperti lemak, protein, vitamin, yang mudah dicerna dan diserap secara efesien, oleh tubuh bayi.

Rapolo menambahkan, keuntungan menyusui lainnya adalah membantu bonding dan perkembangan bayi, membantu menunda kehamilan baru, melindungi kesehatan ibu, dan tentunya biaya ibu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak hanya untuk susu formula.

( Purnamasari )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: