Sektor Pariwisata Jadi Prioritas Bappedalitbang Tabalong Tahun 2023

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dalam rencana kerja tahun 2023, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan, Bappedalitbang Tabalong, menyiapkan pagu anggaran mencapai 8,5 milyar rupiah. Dari pagu anggaran tersebut, sebesar kurang lebih satu milyar rupiah disiapkan untuk program penelitian, dan pengembangan daerah. Hal ini diketahui saat rapat Bappedalitbang Tabalong dengan Komisi Tiga DPRD Tabalong, pada senin enam juni 2022, di Gedung Fraksi Dprd Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Bappedalitbang Tabalong, Noor Rifani mengatakan, pasca adanya nomenklatur baru, progam litbang akan melengkapi perencanaan pembangunan daerah. Setiap program-kegiatan dan kebijakan yang akan diambil SKPD, dilakukan penelitian dan kajian yang lebih komprehensif terlebih dulu.

Selama rapat, anggota Komisi Tiga Dprd Tabalong menyoroti rendahnya pagu anggaran litbang di bidang pertanian, perkebunan, dan pangan, yakni 100 juta rupiah, padahal Kabupaten Tabalong disiapkan sebagai lumbung pangan ikn nusantara nantinya. Sedangkan pagu anggaran litbang tertinggi di bidang pariwisata, sebesar 570 juta rupiah.

Noor Rifani pun menjelaskan, karena keterbatasan anggaran maka diperlukan skala super prioritas. Untuk saat ini bidang pariwisata jadi prioritas utama Kabupaten Tabalong, disamping pertanian, perkebunan, dan pangan.

 “Karena kita masih prioritaskan terhadap pengembangan pariwisata pada tahun depan ini, tentunya nanti di tahun berikutnya kita akan coba anggarkan lagi terkait masalah pertanian dan perkebunan.” Kata M. Noor Rifani, Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Selain rapat dengan bappedalitbang, Komisi Tiga DPRD Tabalong juga rapat Renja 2023 dengan bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tabalong. Dalam renjanya tersebut, bagian Prokopim Setda Tabalong menyiapkan pagu anggaran kurang lebih 900 juta rupiah, yang terbagi ke dalam tiga program kerja, yaitu fasilitasi keprotokolan, fasilitasi komunikasi pimpinan, dan pendokumentasian tugas pimpinan. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment