Sektor Agrowisata Menjadi Salah Satu Program Prioritas Tahun 2024

by tabalong hari ini
0 comment

Pengembangan sektor agrowisata dipastikan jadi salah satu program prioritas rencana kerja Pemerintah Daerah Tabalong Tahun 2024 mendatang. Menyikapi itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan atau Bappedalitbang Tabalong mendorong desa-desa yang ada di Tabalong untuk menginventarisir potensi yang ada.

Hal itu disampaikan Kepala Bappedalitbang Tabalong, Muhammad Noor Rifani saat ditemui Rabu 25 Januari 2023 tadi.

Rifani menjelaskan berdasarkan hasil forum konsultasi publik dalam rangka membahas rencana kerja pemerintah daerah RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2024 yang digelar belum lama tadi, dipastikan pengembangan sektor agrowisata menjadi salah satu skala prioritas utama di Tahun 2024 mendatang.

Menurutnya sektor agrowisata layak dikembangkan, pasalnya sektor agrowisata dinilai mempunyai peluang besar untuk dikembangkan di Tabalong sebagai pengganti sektor tambang,  terlebih saat ini posisi Tabalong menjadi pintu gerbang Kalimantan Selatan menuju IKN, sekaligus wilayah penyangga IKN.

Untuk mendukung hal tersebut, Rifani mengajak seluruh pemerintah desa untuk mulai menginventarisir potensi apa saja yang ada di wilayahnya masing-masing. 

“Mulai sekarang saya kira desa sudah bisa melakukan inventarisasi kemudian juga tentu berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan tentunya Bappedalitbang siap membantu mengkoordinasikan ini sekaligus juga memberikan arahan program yang tepat nantinya bisa menjadi program unggulan nantinya di desa masing-masing.” katanya.

Rifani menambahkan selain sektor agrowisata, dari hasil forum konsultasi publik terkait RKPD Tahun 2024, juga ada sejumlah program prioritas utama lainnya, yakni program peningkatan indeks pembangunan manusia atau IPM, pengendalian inflasi, peningkatan infrastruktur, penurunan angka kemiskinan dan penurunan angka stunting.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment